Lihat ke Halaman Asli

Menjelajahi Permadani Iman: Catatan Manis Perjalanan Pendidikan Agama Islam di Balik Pesona PAI Exhibition 2023

Diperbarui: 27 Desember 2023   17:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto panitia dan peserta lomba PAI Exhibition 2023 (Dokpri)

Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta merupakan salah satu Program Studi yang diminati oleh banyak mahasiswa. Hal ini dikarenakan adanya Akreditasi Internasional dan penggunaan teknologi informasi yang sangat luar biasa di Prodi ini, sehingga banyak mahasiswa tertarik untuk menjadikan Prodi PAI sebagai destinasi utama bagi para calon sarjana yang memiliki minat dan bakat di bidang PAI.

Sebagai Program Studi yang sudah terakreditasi Internasional, Prodi PAI tampil untuk memperlihatkan dirinya sebagai salah satu Prodi yang tidak bisa diragukan. Hal ini terlihat dari berbagai rangkaian acara luar biasa yang diadakan oleh mahasiswa dan mahasiswi Prodi PAI. Acara yang diadakan tidak hanya memberikan dampak positif terhadap lingkungan PAI ataupun fakultas dan universitas saja, melainkan juga memberikan dampak yang baik terhadap lingkungan sekitar seperti beberapa sekolah yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Salah satu contoh dari kegiatan ini adalah adanya kegiatan PAI Exhibition yang memiliki pesona yang sangat luar biasa hingga pada akhirnya menjadi sebuah catatan manis dalam perjalanan Pendidikan Agama Islam.

PAI Exhibition merupakan kegiatan rutin tahunan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Diadakannya acara ini sekaligus sebagai penutupan dari kepengurusan HMPS PAI pada periode tertentu. Acara PAI Exhibition ini diadakan dengan menyelenggarakan berbagai perlombaan yang berkaitan dengan keagamaan Islam, seperti PAI Exhibition 2023 yang mengadakan lomba MTQ, Cerdas Cermat Islam, Nasyid, dan Mobile Legend. Semua jenis perlombaan ini bernuansa Islami, kecuali Mobile Legend. Hal ini sebagaimana dibahas dalam rapat perdana panitia, bahwasannya Mobile Legends Tournament ini sengaja diangkat untuk meningkatkan daya tarik dari pihak luar agar mengikuti perlombaan. Di sisi lain, hal ini juga berkaitan dengan salah satu core values UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, yaitu integrasi-interkoneksi, sekaligus menggambarkan maraknya digitalisasi pada era saat ini. Berbagai perlombaan tersebut diikuti oleh siswa dan siswi dari SLTA sederajat serta mahasiswa dan mahasiswi yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Acara ini diadakan pada tanggal 9 sampai 10 Desember 2023. Yang mana, tanggal 9 Desember itu merupakan acara pembukaan sekaligus perlombaan yang diadakan di gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sementara, tanggal 10 Desember merupakan acara penutupan sekaligus pengumuman para pemenang lomba yang diselenggarakan di ruang Teatrikal Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sunan Kalijaga. 

"Menurut saya, acaranya itu lumayan kondusif, hanya saja ada beberapa peserta yang berkendala untuk hadir pada saat perlombaan, sehingga waktu perlombaan sedikit tertunda. Namun para penanggung jawab lomba yang bersangkutan segera menanganinya sehingga acara dapat segera dimulai dan berjalan dengan lancar," ujar Dinda Bestari selaku salah satu panitia PAI Exhibition ketika ditanya tentang kendala yang dihadapi saat acara berlangsung.

 Acara pembukaan PAI Exhibition ini dihadiri langsung oleh salah satu dosen PAI UIN Sunan Kalijaga yang pada saat itu diminta untuk menjadi juri lomba Cerdas Cermat Islam, yaitu Bapak Drs. Radino, M.Ag yang memberikan sambutan sekaligus meresmikan pembukaan acara ini. Acara pembukaan ini juga diikuti oleh beberapa peserta lomba serta panitia PAI Exhibition itu sendiri yang merupakan mahasiswa dan mahasiswi PAI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, termasuk Ummu Salamah S.Wutun selaku ketua HMPS PAI dan Hisyam Luthfi Azmi selaku wakilnya. 

"Setelah saya berbincang bincang dengan Mba Ummu selaku ketua HMPS PAI dan penasihat panitia, tujuan diadakannya PAI Exhibition ini adalah untuk mempererat hubungan intra mahasiswa PAI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta serta menjadi wadah bagi minat dan bakat dari para siswa dan mahasiswa yang ada di DIY, karena memang peserta yang kami undang adalah siswa dan mahasiswa yang ada di sekitar DIY, seperti MAN 1 Sleman, MAN 5 Sleman, MAN 1 Bantul, MAN 2 Bantul, SMA 1 Muhammadiyah,  SMA 2 Muhammadiyah, SMA 1 Banguntapan, SMAN 1 Yogyakarta, SMAN 8 Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan, dan institusi institusi pendidikan lainnya," ujar Muhammad Nizar Syihabuddin selaku ketua panitia PAI Exhibition 2023 ketika memberikan sambutan pada acara pembukaan. 

Pemenang lomba PAI Exhibition 2023 (Dokpri)

Kemeriahan dan pesona PAI Exhibition ini terlihat pada acara penutupan yang dihadiri langsung oleh ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Muhammad Dalhar yang menyampaikan sambutan terakhirnya sebagai ketua DEMA FITK pada periode ini. Selain pengumuman para pemenang lomba, acara penutupan ini juga dimeriahkan dengan adanya penampilan minat bakat mahasiswa dan mahasiswi PAI UIN Sunan Kalijaga, seperti bernyanyi, menari, dan penampilan hadroh yang sangat menakjubkan. Penampilan ini ditujukan untuk memperlihatkan bahwasannya mahasiswa PAI tidak hanya berkecimpung di bidang pendidikan dan keagamaan saja. Namun, mereka juga memiliki minat dan bakat di bidang lainnya, seperti menari, bernyanyi, memainkan alat musik, dan lain sebagainya.

Adanya kegiatan ini memberikan manfaat yang sangat luar biasa bagi seluruh kalangan, terutama bagi mahasiswa dan mahasiswi PAI itu sendiri, seperti yang diungkapkan oleh Dinda, "Manfaat yang saya dapatkan sebagai sekretaris dalam kepanitiaan ini adalah saya dapat memperdalam pemahaman saya terkait surat menyurat dan sistematika proposal. Selain itu, saya menjadi terlatih untuk melakukan sesuatu dengan tepat waktu, terlatih untuk berkomunikasi dengan banyak orang baru, terlatih menjadi moderator yang baik, dan meningkatkan kemampuan berkoordinasi dengan panitia yang lain."

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline