Lihat ke Halaman Asli

Ngamuk Sama Ayam

Diperbarui: 26 Juni 2015   05:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Tadi pagi sekitar jam lima-an hujan turun deras banget. Sebenarnya tadi malam saya tidur dengan niat besok harus bangun subuh buat ngerjain skripsi karena deadline bab2 skripsi saya harus nyampe ke tangan dosbing hari ini. Tapi karena hujan yang mendayu-dayu diluar, saya semakin menguletkan badan dan melanjutkan tidur. Masa bodoh dengan deadline, ntar klu bangun jam 6-an masih kekejar kok. Pikir saya optimis.

Ujan diluar dah ga kedengaran lagi. Ganti suara om2 lagi ngobrol yang kedengaran di samping jendela kamar kosan. Karena berisik, saya akhirnya terbangun dan… ASTAGANAGA…! Ternyata jam di hape saya telah menunjukkan pukul 9 lebih. Parah banget ke-kebo-an saya ini. Segera saya meraih laptop n membuka ms.word. Tapi karena bobo terlalu lama, belek yang menggantung di mata saya juga lumayan tebal. Ah, daripada ga fokus, mending mandi aja dulu, batin saya. Lalu saya akhirnya membereskan laptop dan kembali ke kamar saya sendiri. Soalnya tadi malam itu saya bobo di kamar angie (teman satu kos) dan membajak tempat tidurnya sampai doi ga bisa tidur nyenyak. Khekhekhekhe…

Selesai mandi ternyata ada satu hal lagi yang menjadi kendala saya untuk mengerjakan skripsi. Saya lapar stadium akhir. Masalah perut ini sangatlah krusial jadi harus buru-buru diselesaikan. Bergegas saya ngibrit ke pasar pagi dekat kosan tempat saya biasa beli sarapan. Pasar pagi ini biasa tutup sekitar jam 11-an, jadi harapan buat beli sarapan ditempat langganan saya sangat tipis karena dia selalu pulang sejam sebelum pasar tutup saking larisnya. Dan ternyata memang benar, sampai di lapak langganan saya itu, si ibu lagi beres2 panci-panci yang udah kosong. Terpaksa saya mengunjungi lapak ibu yang jualan nasi gudeg di dekat situ. Ternyata keadaan tidak jauh berbeda, tapi seengganya masih ada seporsi nasi yang tinggal (the last one nih ceritanya).
“bu, beli nasinya satu.” Kata saya

“tapi tinggal pake telur, orek, sama ikan aja neng. Gudegnya abis.” Kata si ibu penjual gudeg.

“yaudah bu, itu juga oke. Pake telurnya deh. Jadi berapa bu?”

“lima ribu aja neng.”

What? Lima ribu? Pake telur, orek sama sambal doangs??

“kok segitu bu?”

“iya neng, kan cuma pake telur. Jadi gapapa deh saya kasi murah.”

Hello?? Itu mahal kali bu! Diwarung saya biasa makan siang, nasi telur tuh cuma rp.3500,-!

“tapi pake telur doang kan bu. Harusnya ya lebih murah dong. Ini kok lebih mahal?”

“nggak neng. Lebih murah dong, wong biasanya ibu jual rp.6000,-“

Nyaiyalah enam rebu! Kan ada gudegnya! Ni kuahnya aja ga ada… kata saya dalam ati. Tapi karena ga enak berantem sama ibu2 yang jauh lebih tua dari saya itu, dengan berat hati sayapun berlalu.

Sambil makan nasi yang mengganjal hati itu, saya merenung. Ini gara2 saya kesiangan nih. Coba ga kesiangan, pasti saya makan makanan dari tempat langganan saya yang biasa dengan perasaan yang biasa juga. Bener kata orang tua jaman dulu, “jangan bangun terlalu siang nak, nanti rejeki kamu dipatok ayam.” Pagi ini rejeki saya ilang seribu lima ratus rupiah, dipatok sama ayam yang bangun lebih pagi dari saya. Tapi sebelum ngamuk sama si ayam, saya harus bisa bangun lebih pagi dari si ayam. Biar ntar ayamnya ga bisa membela diri dengan bilang:

“eitss,, ga boleh marah dong. Siapa cepat dia dapat. Weeeekkkk….”

NB: ini hanya pembelajaran ringan saja. jangan dikira saya orangnya pelit setengah mati. Cuma lagi “hemat…beib…”

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline