Lihat ke Halaman Asli

Ridha NurFaizah

Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Mengapa Perempuan Diwajibkan untuk Belajar Pendidikan Islam?

Diperbarui: 8 Desember 2022   21:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam Islam perempuan memilki hak yang sama dalam pendidikan terutama pendidikan Islam, tidak ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan dalam hal pendidikan karna kedua nya mempunyai kewajiban nya masing-masing. Bahkan Nabi menjelaskan bahwa belajar itu hukum nya Wajib atas setiap muslim termasuk perempuan apa lagi belajarnya itu tentang islam.

mengapa perempuan juga diwajibkan untuk belajar pendidikan islam ?

itu karna seorang perempuan akan menjadi seorang istri dan seorang ibu, yang dimana pasti nantinya akan memikul tanggung jawab besar dalam hal pendidikan baik pendidikan agama ataupun pendidikan umum untuk generasi yang akan datang. sehingga diperlukan  cara mendidik yang baik dan benar agar generasi yang akan datang mempunyai kecerdasan yang tinggi, keimanan yang kuat dan ahklak yang baik.

Bung Hatta pernah berkata :

"siapa yang mendidik satu laki-laki berarti telah mendidik satu manusia sedangkan siapa yang mendidik satu perempuan berarti telah mendidik satu generasi "

dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa betapa pentingnya pendidikan apalagi pendidikan islam bagi seorang perempuan. dan kedudukan yang memiliki pendidikan dalam islam itu sangat mulia apalagi disertai dengan amanah dan tanggung jawab yang dibebankan kepada nya.

maka memang sudah seharus nya perempuan giat mecari ilmu apa saja, agar mempunyai wawasan yang luas baik dari segi agama ataupun segi dunia sehingga nantinya tercipta generasi-generasi yang cerdas, berakhlak dan beragaama / beriman.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline