Lihat ke Halaman Asli

Ridhaningtyas WahyuAmanda

Mahasiswa UIN Jakarta

Sinonimi Bahasa Jawa (Kajian Semantik)

Diperbarui: 27 November 2020   21:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bahasa daerah mempunyai peranan penting sebagai salah satu aspek kebudayaan. Menurut Izutsu (1993) tiap budaya memilki cara yang berbeda dalam kata-kata. 

Bahasa juga sebagai alat komunikasi verbal yaitu sistem lambang bunyi bersifat arbitrer. Artinya, bahasa itu manasuka. Selain itu, bahasa adalah representasi realitas yang diwujudkan dalam kata-kata. Semantik menurut KBBI V adalah ilmu yang mempelajari makna kata, mengenai seluk-beluk dan pergeseran arti kata.

Kosakata dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah perbendaharaan kata. Kosakata menurut Kridalaksana (2001: 89) adalah suatu komponen bahasa yang memuat suatu informasi mengenai suatu makna dan penggunaan katanya serta kekayaan kata yang dimiliki oleh penulis dan pembaca pada suatu bahasa. 

Tata hubungan makna dikenal sebagai kosakata suatu bahasa terdiri atas sejumlah sistem leksikal yang maknanya berdasarkan dengan tata hubungan. Tata hubungan makna salah satunya yaitu sinonimi.

Bahasa Jawa merupakan salah satu bahasa daerah yang masih dilestarikan sampai saat ini, dan masih digunakan dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat suku Jawa atau penutur yang bermukiman di daerah tertentu. 

Pembahasan kali ini dilakukan untuk mengetahui sinonimi dalam bahasa Jawa. Mengenai sinonimi bahasa Jawa, para penutur dapat mudah menggunakan pilihan kata yang tepat dan sesuai konteks pemakaiannya dengan lawan tuturnya.

Menurut Djajasudarma (2013: 124) sinonimi digunakan untuk sameness of meaning artinya 'kesamaan kata' atau kata-kata yang memiliki kesamaan semantik yang menonjol dibandingkan dengan perbedaannya. Sinonimi adalah kata-kata yang memiliki makna yang sama, ada hubungan kata-kata yang mirip atau dianggap mirip maknanya. 

Kesinoniman dapat terjadi pada kata, frase, klausa, serta kalimat.  Sedangkan, pendapat Cruse dalam (Haryati: 2020) bahwa sinonimi berdekatan adalah kata-kata yang maknanya relatif dekat atau memiliki batas lebih rendah dari sinonim mirip atau dekat. 

Sinonim merupakan hubungan semantik yang memilik kesamaan makna antara satu satuan ujaran dengan satuan ujaran lainnya. Relasi sinonim itu bersifat dua arah. Berarti, Ketika satu satuan ujaran A akan bersinonim dengan satuan ujaran B, tentu saja satuan ujaran B itu bersinonim dengan satuan ujaran A. 

Sementara itu, menurut KBBI (2013:1315) bahwa sinonim adalah bentuk bahasa yang maknanya mirip atau sama dengan bentuk bahasa lain; kesinoniman 1) perihal tentang sinonim; hubungan antara sinonim;  dan 2) sinonimi adalah hubungan antara bentuk-bentuk bahasa yang mirip atau sama maknanya.  

Berdasarkan dari teori tersebut, maka terdapat pasangan sinonim berdekatan dalam bahasa Jawa. Sinonimi bahasa Jawa yang sering kita dengar atau digunakan adalah adem, anyep, dan anyes. tetapi di dalam bahasa Jawa terdapat sinonimi selain dari kata adem, yaitu sebagai berikut:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline