Lihat ke Halaman Asli

Self-service di Tempat Makan : Hambatan dan Solusi dalam Penerapannya di Indonesia

Diperbarui: 19 Desember 2024   16:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : jeda.id

Pernahkah kamu menjumpai istilah self-service ketika mengunjungi suatu tempat?

Di restoran cepat saji, misalnya, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut karena banyak yang mengaitkan self-service dengan jenis restoran ini. Namun, sudah tahukah kamu apa sebenarnya self-service itu?

Yap! Secara harfiah, self service dapat diartikan sebagai layanan mandiri. Lebih lengkapnya, self-service merupakan suatu budaya yang mengharuskan seseorang untuk melayani dirinya sendiri, sejak kedatangan hingga meninggalkan suatu tempat. Jika dalam konteks restoran cepat saji, self-service membuat para pelanggannya melakukan segala aktivitas sendiri mulai dari memesan makanan, hingga mengembalikan peralatan makannya ke tempat yang sudah disediakan.

Saat ini, beberapa restoran di Indonesia sudah menyediakan mesin pemesanan mandiri yang digunakan oleh para pelanggan untuk memilih menu yang akan dipesan serta melakukan pembayaran melalui layar sentuh yang tidak jauh dari pintu masuk. Tentunya, hal ini dapat memberikan pengalaman baru bagi para pelanggan dari yang semula memesan makanan melalui kasir.

Selain pengalaman yang didapat oleh pengunjung, self-service juga memberikan manfaat bagi para pelaku bisnis. Ketika para pelanggan melakukan segala aktivitas sendiri, pelaku bisnis tidak perlu menyediakan lebih banyak sumber daya manusia untuk menangani hal tersebut. Dengan begitu, pengeluaran yang dibutuhkan untuk membayar pegawai dapat diminimalkan. Selain itu, self-service juga dapat membuat mobilisasi di dalam restoran dapat berjalan lebih teratur.

Namun, sayangnya masih banyak orang yang tidak peduli dengan budaya satu ini. Setelah selesai makan, mereka enggan untuk membersihkan meja dan membiarkan sampah serta peralatan makannya tergeletak di atas meja. Barulah setelah itu, pegawai restoran akan datang dan membersihkan meja tersebut untuk dapat digunakan oleh pelanggan berikutnya.

Seringkali, mereka beralasan dengan mengatakan pembeli adalah "raja" atau mereka menganggap bahwa self-service akan meringankan beban para pegawai restoran karena mereka tidak usah repot-repot untuk membersihkan bekas makan pelanggan.

Padahal, jika seorang pelanggan menemukan meja yang kotor karena bekas makanan pelanggan sebelumnya, mereka pasti akan merasa jijik. Apalagi di restoran yang menerapkan sistem self-service, alat makan yang kotor tersebut akan tetap berada di atas meja hingga ada yang berniat untuk membersihkannya.

Hal ini menunjukkan masih rendahnya pemahaman masyarakat di indonesia dalam menerapkan budaya self-service terutama di tempat makan.

Jika kita bandingkan dengan negara tetangga, Singapura, hampir semua sektor kehidupan di sana telah menerapkan sistem self-service, mulai dari bandara, MRT, hingga tempat makan. Tidak hanya restoran cepat saji saja yang menerapkan budaya tersebut, tetapi di semua tempat makan termasuk di hawker center (semacam pujasera).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline