Lihat ke Halaman Asli

Media Pembelajaran Unisa Yogyakarta di Era Pandemi

Diperbarui: 26 Juni 2022   20:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Di awal tahun 2020 yaitu sekitar wal bulan Maret Pandemi Covid-19 melanda masyarakat Indonesia. Pandemi Covid 19 yang sedang terjadi saat ini, mewajibkan setiap orang untuk membatasi segala aktivitas interaksi secara langsung dalam semua aspek kehidupan termasuk aspek pendidikan.

Seperti yang kita ketahui dan yang kita rasakan merupakan kondisi yang berat untuk dialami oleh masyarakat, dimana pada saat itu masyarakat beradaptasi dengan kehidupan baru untuk bisa bertahan hidup. 

Tidak mudah untuk bisa beradaptasi pada saat itu, tetapi kita dituntut untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik dari kehidupan sebelumnya sampai waktu yang ditentukan yaitu berakhirnya pandemi dan bisa merasakan kehidupan normal seperti biasanya.

Dampak dari Pandemi ini sangatlah besar hingga dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat di berbagai bidang, salah satunya di bidang pendidikan.

 Keterbatasan dalam waktu pembelajaran tatap muka, menyebabkan belajar menjadi terhambat. Dimana penyampaian pembelajaran kadang terlewatkan. 

Saat pertama kali pembelajaran selama pandemi di tahun 2020 dimana pada saat itu saya masih baru memasuki dunia perkuliahan atau bisa disebut sebagai mahasiswa baru di Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta dan mengharuskan kuliah secara full daring selama satu semester. 

Media atau platform digital untuk mendukung selama pembelajaran yang sering digunakan selama perkuliahan daring atau online di Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta yaitu e-learning, whatsapp grup, google classroom, google form, google meet, google docs, youtube, dan zoom cloud meeting, yang dimana media tersebut masih digunakan sampai sekarang, selama pandemi ini tidak hanya di Universitas 'Asiyiyah Yogyakarta yang menggunakan media atau platform digital tersebut, tetapi dikalangan kampus lain juga menggunakan media atau platform yang sama sebagai media pembelajaran dikalangan pandemi yang belum usai ini.

Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang bertujuan untuk menjangkau kelompok yang masif dan luas dengan memanfaatkan jaringan internet (Yanti et al., 2020). 

Pemanfaatan dalam komunikasi sangat mudah dengan adanya sosial media seperti alat bantu zoom dan lain ini sangat mambantu bagi mahasiswa yang kuliah diluar bisa akses di zoom hal ini memudahkan mahasiswa bisa dirumah sambil bantu orang dan kuliah juga bisa ada waktu dengan orang tuanya bisa juga menghemat waktu dalam belajar dan mudah bagi waktu kuliah dengan kerja misal ada kerja dan bisa dengan mudah berkomunikasi dengan teman kerabat. 

Pembelajaran daring dapat dilakukan secara masif dengan jumlah peserta yang tidak terbatas, dan dapat dilakukan secara gratis maupun berbayar (Bilfaqih & Qomarudin, 2015).  Proses pembelajaran daring memanfaatkan kemajuan teknologi seperti teknologi multimedia, video, kelas virtual, teks online animasi, pesan suara, email, telepon konferensi, dan video steraming online.virtual, teks online animasi, pesan suara, email, telepon konferensi, dan video steraming online.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline