Lihat ke Halaman Asli

Ridha Afzal

TERVERIFIKASI

Occupational Health Nurse

Dua "Tempat Rekreasi" Tidak Populer yang Bikin Anda Lebih Baik

Diperbarui: 23 Juli 2020   20:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Source: Malang Times

Saya orang yang suka rekreasi. Tidak harus bayar atau mengeluarkan duit. Misalnya ke Pemandian Kalireco di Lawang. Gratis tis....

Bagi saya, rekreasi itu sangat menyehatkan, jiwa dan raga. Jiwa, karena dengan rekreasi kita bisa merefresh kondisi mental psikologis. Orang yang stress, bisa segar kembali, melupakan segala persoalan psikologis yang dihadapi. Ini bagus sekali sebagai sebuah solusi praktis. Sedangkan secara fisik, orang yang melakukan rekreasi, level kebahagiaanya meningkat.

Orang yang bahagia pembuuh darahnya lancar. Lancarnya pembuluh darah ini menandakan bahwa jantung kita bekerja dengan baik. Mereka yang jantungnya baik, otomatis fisiknya baik. Karena jantung merupakan pusat kendali semua organ tubuh.

Sebaliknya, mereka yang tidak pernah rekreasi, akan stress hidupnya. Pasti mengalami tekanan, baik secara fisik maupun psikologis. Akibatnya bisa sakit-sakitan, kepala pusing, mual, muntah, susah buang air, keringat tidak keluar, terjadi penuaan dini  karea kulit mengekerut, dan...bisa mati muda.

Makna Rekreasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata "rekreasi" berasal dari Bahasa Inggris "recreation" yang berarti: "penyegaran kembali badan dan pikiran; sesuatu yang menggembirakan hati dan menyegarkan seperti hiburan dan piknik."

Yang perlu saya garis-bawahi adalah kata-kata kunci dari definisi menurut KBBI tersebut, yakni pada kalimat 'penyegaran kembali badan dan pikiran" serta "menggembirakan hati dan menyegarkan". Dua kalimat tersebut kalau boleh saya artikan memiliki konotasi subyektif. 

Artinya setiap orang pada dasarnya memiliki cara yang berbeda dalam memaknainya. Sepanjang bersifat "menyegarkan kembali badan dan pikiran" serta "menggembirakan hati" berarti bisa disebut 'rekreasi'.

Dua contoh rekreasi yang disebut oleh KBBI hanya berupa 'hiburan' atau 'piknik' itu belum cukup. Walaupun, rata-rata orang setuju bahwa dua hal itulah yang pantas disebut sebagai tempat rekreasi.

Di Malang Raya misalnya, merupakan salah satu destinasi wisata terkenal di Indonesia. Malang Raya menempati urutan pertama dengan jumlah wisatawan terbanyak sepanjang 2017 lalu Malang Times.com). Sebanyak 15,2 juta wisatawan mengunjungi Malang Raya tahun 2017. Rinciannya, berdasarkan data dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang kunjungan wisatawan ke Kota Malang tahun lalu tembus 4 juta wisatawan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline