Lihat ke Halaman Asli

Pengaruh Facebook terhadap Pelajar

Diperbarui: 23 Juni 2015   23:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Facebook adalah salah satu situs jaringan sosial dengan beberapa fasilitas yang memungkinkan seseorang dapat menjalin pertemanan dan berkomunikasi secara aktif dengan orang tanpa dibatasi dengan jarak, ruang, dan waktu. Facebook dapat diakses kapanpun dan dimanapun.Saat ini facebook sangat berpengaruh pada kehidupan sosial pelajar. Sehingga pelajar jarang sekali belajar, malah lebih sering mengakses facebook.

Dalam kehidupan sehari-hari, facebook mempunyai manfaat yang penting bagi pelajar. Facebook bisa mempermudah kita untuk saling bersilatuhmi, memperbanyak teman, bertemu dengan teman lama, berbagi informasi dan lain-lain. Dengan membuka situs facebook juga bisa menghilangkan kejenuhan. Kita juga bisa berdiskusi melalui faceebook dengan cara bergabung dengan grup atau komunitas sehingga kita bisa mendapatkan wawasan yang luas.

Facebook juga mempunyai pengaruh negatif terhadap pelajar. Seorang pelajar yang sudah kecanduan membuka situs facebook tidak akan peduli dengan sekitarnya. Dia akan asyik dengan dunianya sendiri. Sosialisasi dengan lingkungan pun berkurang. Rata-rata orang yang lebih sering membuka situs facebook orang yang pendiam dan tidak pernah bergaul atau bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Waktu untuk belajar pun berkurang, karena si pelajar sudah kecanduan membuka situs facebook. Bahkan kadang seorang pelajar bermain facebook di kelas pada saat belajar. Sehingga tidak memperhatikan materi apa saja yang guru atau dosen ajarkan. Banyak juga penipuan-penipuan melalui facebook dan rata-rata penipuan itu lebih sering terjadi pada pelajar. Facebook juga hanya menghambur-hamburkan uang saja, lebih baik uang itu di kumpulkan untuk membeli buku untuk kita baca, lebih bermanfaat dari pada untuk membuka facebook.

Kita selaku pelajar bermainlah facebook sewajarnya, kalau tidak begitu lebih baik tidak usah mengaksesnya. Daripada bermain facebook alangkah lebih baiknya untuk belajar atau membantu orang tua kita. Bagi pengguna facebook, janganlah menyimpan data yang bersifat pribadi di facebook, karena akun facebook dapat dihack atau dijebol. Lebih berhati-hatilah dalam hal itu.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline