Seiring dengan perkembangan zaman, statistik mulai mencakup hal-hal yang lebih luas. Cakupan statistik tidak hanya bertumpu pada angka-angka untuk pemerintahan saja, tetapi telah mengambil bagian di berbagai bidang kehidupan, termasuk kegiatan berbagai bidang penelitian, seperti pendidikan dan psikologi, pertanian, sosial, dan sains.
Buku Dasar-Dasar Statistik Pendidikan ini terdiri dari 15 bab, diantaranya pada bab satu yaitu pendahuluan berisi pengertian statistika menurut KBBI maupun para ahli, fungsi statistik, ciri khas statistik, macam-macam data, populasi dan sampel, teknik pengembalian sampel. Pada bab dua yaitu pengantar distribusi frekuensi dipaparkan pengertian distribusi frekuensi, jenis tabel distribusi frekuensi, cara menyusun tabel distribusi frekuensi data berkelompok, tabel distribusi frekuensi relatif (tabel persentase), tabel distribusi frekuensi kumulatif, dan tabel distribusi frekuensi kumulatif relatif. Selanjutnya, pada bab tiga yaitu diagram untuk data tidak berkelompok (data tersebar) berisi mengenai diagram lambang (piktogram), diagram batang, diagram lingkaran, diagram garis (grafik). Selanjutnya, bab empat yaitu grafik distribusi frekuensi dijelaskan didalamnya mengenai histogram dan poligon frekuensi, dan ogif atau ogive. Pada bab lima yaitu ukuran pemusatan data, didalamya dipaparkan tentang rata-rata hitung (mean), rata-rata geometris, rata-rata harmonis, median, dan modus. Pada bab enam yaitu ukuran lokasi berisi tentang kuartil, desil, dan persentil. Pada bab tujuh yaitu ukuran dispersi (ukuran penyebaran) didalamya dijelaskan tentang ukuran dispersi mutlak (absolut), dan ukuran dispersi nisbi (relatif). Pada bab delapan yaitu ukuran kemiringan (measure of skewness). Pada bab sembilan yaitu ukuran keruncingan (measure of curtosis) dipaparkan tentang hubungan empiris antara mean, median (Me), dan modus (Mo) terhadap kurva normal, ukuran keruncingan (curtosis/peakedness). Selanjutnya pada bab sepuluh yaitu kurva normal dan kegunaannya. Lalu pada bab sebelas mengenai uji normalitas data membahas tentang uji normalitas data, prosedur pengujian normalitas data, dan perhitungan tes normalitas data. Pada bab duabelas yaitu analisis statistik terhadap satu perlakuan menjelaskan tentang langkah-langkah menganalisis satu perlakuan, uji Z, uji t, dan uji Median. Selanjutnya pada bab tigabelas yaitu uji perbedaan antarvariabel (teknik komparasional) menjelaskan tentang teknik analisis komparasional bivariat, langkah-langkah penelitian komparatif bivariat, penggunaan tes t pada analisis komparasional bivariat, rumus dan langkah-langkah penggunaan tes t, penggunaan uji t', dan teknik analisis komparasional multivariat. Pada bab empatbelas yaitu uji keterkaitan antarvariabel (teknik korelasi) menjelaskan tentang arah korelasi, dan hubungan antara dua variabel (bivariat correlation). Lalu pada bab limabelas yaitu uji regresi linier sederhana memaparkan tentang persamaan regresi linier sederhana, jenis-jenis persamaan regresi, langkah-langkah perhitungan uji regresi linier sederhana, dan contoh perhitungan uji regresi linier sederhana. Dan setiap bab pada buku ini, disertai latihan-latihan untuk mengasah pemahaman materi yang dipaparkan.
Didalam buku ini tercantum daftar pustaka, selain untuk menghargai sumber-sumber informasi yang telah didapatkan oleh penulis dalam menciptakan karyanya, daftar pustakan juga bertujuan untuk memberikan informasi lebih lanjut kepada para pembaca dan juga menyakinkan kepada pembaca bahwa karya penulis ini merupakan hasil dari berbagai sumber yang akurat.
Istilah statistik pendidikan yang digunakan dalam buku ini diartikan sebagai ilmu pengetahuan cabang statistika yang membahas dan mengembangkan prinsip-prinsip, metode, dan prosedur yang digunakan sebagai cara untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan sekumpulan data yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Pengertian tersebut dapat dimanfaatkan untuk kegiatan evaluasi dan penelitian pendidikan. Akan tetapi, sesuai silabus, kajian statistik pendidikan yang dibahas pada buku ini lebih mengarah pada kepentingan untuk penelitian pendidikan.
Statistik dalam dunia pendidikan sangat terasa manfaatnya oleh para pelaku pendidikan, seperti pendidik, mahasiswa, dan peneliti sebab banyak menunjang kelancaran tugas para subjek tersebut, khususnya dalam kegiatan evaluasi dan penelitian. Melalui buku ini diharapkan para mahasiswa mampu melakukan penelitian pendidikan. Kegiatan penelitian yang dapat dilakukan diantaranya membandingkan antarvariabel (komparasi) dan melihat keterikatan antarvariabel (korelasi).
Kelebihan:
Dilihat dari segi bahasa nya, buku ini sangat mudah dipahami, baik dikalangan mahasiswa, pengajar atau pemula. Materi yang dipaparkan sangat luas, jelas dan gamblang. Untuk penyajian data yang disuguhkan dalam buku ini mudah dimengerti dengan menyertakan contoh permasalahan atau soal dan cara penyelesaiannya. Terdapat latihan soal agar pembaca dapat mengasah sejauh mana pemahaman materi yang telah dipaparkan. Secara garis besar, buku ini sangat lengkap. Informatif dan mudah dipahami.
Kekurangan:
Dari sampul yang kurang menarik, membuat pembaca kurang tertarik untuk membaca buku ini. Buku yang terbilang tebal untuk dipelajari ini membuat pembaca cepat suntuk dan lelah untuk memelajarinya. Isi dari buku ditulis dengan warna hitam putih sehingga pembaca mudah bosan ketika membacanya. Ruang lingkup materi dalam buku ini terbatas pada kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan bidang pendidikan. Selain uraian konsep, dalam buku ini terdapat lembaran-lembaran yang belum lengkap, yang sengaja disiapkan untuk pembaca agar dapat melakukan aktivitas statistik dalam memecahkan permasalahan yang diberikan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H