ABSTRAK
Program Karyasari I Berkarisma sebagai Inovasi Pengembangan Kurikulum Menuju Indonesia Emas
Oleh:
Rida Ratna Purwanti, S.Pd, M.M
Best practice ini dilatarbelakangi oleh kenyataannya hasil belajar murid di SDN Karyasari I kurang maksimal. Berdasarkan data hasil ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) melalui rapor Pendidikan tahun 2022, kompetensi literasi dan numerasi masih jauh di bawah kompetensi minimum. Pada aspek karakter, masih perlu dikembangkan. Sedangkan pada aspek iklim keamanan sekolah berada pada keadaan waspada. Kajian makalah ini merupakan best practice (pengalaman terbaik) dalam meningkatkan prestasi sekolah. Pengalaman tersebut dilakukan melalui penanaman nilai-nilai karakter dan lingkungan belajar yang bermakna
Inovasi Pengembangan Kurikulum di SDN Karyasari I Kecamatan Rengasdengklok Kabupaten Karawang terdiri atas: a). Peningkatan kompetensi guru dalam Kombel dengan nama "Pusaka Satu Berkarisma", b). Kegiatan Pembiasaan "Senyum Berkarisma", c). Cantik Berkarisma pada Projek P5, d). kegiatan ekstrakurikuler di kemas dalam "Tangkas Berkarisma", e). kegiatan literasi dan numerasi agar "Cerdas Berkarisma"..
Dampak inovasi Pengembangan Kurikulum di SDN Karyasari I Kecamatan Rengasdengklok Kabupaten Karawang dapat meningkatkan nilai-nilai karakter sehingga terwujudnya siswa-siswi yang Berkarisma Menuju Indonesia Emas yang terdiri atas: a). Berkarya, b). berprestasi c). Berakhlak Mulia. Dampak akhir dari Inovasi Pengembangan Kurikulum ini dapat meningkatkan prestasi di SDN Karyasari I Kecamatan Rengasdengklok Kabupaten Karawang. Terbukti dengan perolehan kejuaraan dan prestasi sekolah di berbagai kegiatan seperti KSN, FLS2N, OSN, FTBI, Pentas PAI dan kegiatan Pramuka.
BAB I PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Sekolah adalah tempat pembentukan karakter peserta didik sebagai bekal kehidupannya dimasa yang akan datang. Indonesia emas dinyatakan sebagai target pencapaian kesuksesan peserta didik pada usianya yang produktif pada tahun 2045, sekitar dua puluh tahun ke depan. Generasi bangsa harus dipersiapkan untuk menyongsong masa perjalan satu abad dari saat Indonesia merdeka pada tahun 1945. Lingkungan sekolah sangat berpengaruh terhadap pembentukan karakter peserta didik. Sekolah yang efektif merupakan kondisi ideal yang diharapkan setiap kepala sekolah. Fadhli (2016:23) mengungkapkan bahwa "Effective school shows the match between the results achieved and the expected results" (Sekolah efektif menunjukkan kesesuaian antara hasil yang dicapai dengan hasil yang diharapkan). Pada sekolah efektif, seluruh murid dapat mengembangkan potensinya secara optimal. Mereka dapat menggali berbagai potensi dirinya, sehingga mereka berkembang menjadi manusia seutuhnya yang akan mampu hidup secara baik dengan kondisi mental yang siap menerima tuntutan dan tantangan zaman, terutama pada masa satu abad Indonesia Merdeka.
The headmaster is one of the key and important factors in creating an effective school (Kepala sekolah merupakan salah satu faktor kunci dan penting dalam menciptakan sekolah yang efektif). Kepala sekolah yang efektif sebagai berikut: a) memiliki visi yang kuat tentang masa depan sekolahnya, b) memiliki harapan tinggi, c) memastikan pembelajaran berjalan efektif, d) pemanfaatan waktu secara efisien dan meminimalisasi stres dan konflik negatif, e) mendayagunakan berbagai sumber belajar, f) memanfaatkan informasi untuk mengarahkan perencanaan pembelajaran, g) melakukan evaluasi dan perbaikan secara berkesinambungan.