Lihat ke Halaman Asli

Rico Ricardo Lumban Gaol

Energi terbarukan bukanlah energi alternatif, melainkan jawaban dari kerisauan kedepannya

Hail, Hujan ES batu di Sawangan Depok Vs Vigra di Gurun Pasir

Diperbarui: 9 Oktober 2022   22:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi, Hujan es batu dan angin kencang di Sawangan Depok, Jabodetabek

Badai hujan es batu disertai angin kencang menerjang Depok, Jabodetabek, hari ini, 9 Oktober 2022, terjadi begitu cepat. Pengalaman yang tidak terlupakan?

Sebenarnya apa itu hujan es batu?

Bagaimana bisa terjadi hujan es di wilayah Jabodetabek?

Mengingat supaya tidak lupa, wawasan sewaktu kuliah yakni perbedaan Hail dan Vigra. Hail atau yang sering kita ketahui hujan es batu merupakan fenomena presipitasi yang terdiri dari kristal es atau es batu. Proses terbentuknya hujan es batu tidak berbeda dengan hujan pada umumnya, yang membedakannya adalah situasi ketika turunnya hujan.

Hujan es batu akan terjadi ketika suhu di permukaan bumi di bawah 0 derajat celcius. Artinya terjadi pembentukan es di atmosfer. Sehingga air hujan, kristal air,  yang jatuh ke bumi bisa mempertahankan kondisinya hingga menyentuh tanah.

Berbeda ketika di gurun. Gurun memiliki suhu permukaan yang begitu panas. Sekedar informasi, di gurunpun sebenarnya bisa terjadi presipitasi. Hanya saja, ketika kristal air yang jatuh, hujan, mengalami penguapan terlebih dahulu sehingga tidak sampai menyentuh tanah. Hal inilah yang sering disebut Vigra.

Untuk melihat kondisi real hujan es batu, mari kita simak video berikut ini. Video ini adalah dokumentasi pribadi yang baru saja terjadi di Sawangan Depok Jabodetabek.


Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline