Lihat ke Halaman Asli

Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan Dilakukan di Kelurahan Jangli

Diperbarui: 8 Agustus 2021   20:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Semarang ( 08/08/2021 ) -- Pandemi COVID-19 menuntut kita untuk selalu mentaati Protokol Kesehatan dan Selalu menjaga kebersihan dengan selalu mencuci tangan, namun tidak hanya itu kita juga harus menjaga kondisi tubuh agar imunitas kita selalu baik dan kebal terhadap serangan penyakit. Kondisi tubuh yang bugar dapat didapatkan dari pola makan seimbang dan mendapatkan gizi yang optimal.

Sosialisasi terkait GEMARIKAN atau Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan dilakukan Oleh salah satu Mahasiswa KKN TIM 2 Undip ( Rico Adi Setyanto , Jurusan Ilmu Kelautan ) sebagai salah satu pengenalan sumber gizi optimal dan relatif lebih terjangkau. Sosialisasi dilakukan di Rumah Bapak RT. 1 RW. 2 yang dihadiri oleh 8 Ibu PKK setempat , dengan tentunya selalu memperhatikan Protokol Kesehatan.

Dengan adanya pengenalan Gerakan ini diharapkan komoditas Ikan lebih dikenal lagi dikalangan masyarakat karena memiliki kandungan Gizi yang optimal seperti OMEGA -- 3 , Protein , Vitamin, Mineral dan Kolestol baik serta cenderung memiliki harga dibawah daging sapi. 

Dilihat dari banyaknya Gizi yang dimiliki Ikan , Konsumsi ikan yang rutin juga memiliki banyak manfaat seperti Mencegah Terjadinya Penyakit Jantung dan Mengurangi resiko stroke. 

Melihat banyaknya keuntungan dari konsumsi ikan ini Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 41 Tahun 2014 menyarankan konsumsi ikan sebagnyak 80 -- 160 gram perhari atau setara dengan 2-3 potong ikan. Diakhir kegiatan diadakan diskusi dan tanya jawab terkait GEMARIKAN dan juga dibagikan Resep Menu Nugget Sehat Dari Olah Ikan Tengiri dan Rumput Laut , serta Resep Pembuatan Donat Spirulina.

Dokpri

Penulis: Rico Adi Setyanto (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, S1 Ilmu Kelautan.) Dosen Pembimbing Lapangan Apri Dwi Anggo, S.Pi, M.Sc.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline