Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN UPGRIS 2021 Ajak Anak-anak untuk Mencintai Lagu Dolanan Bocah yang Mulai Tergantikan

Diperbarui: 21 Februari 2021   09:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kudus, Sabtu Sore (20/05/21) pukul 17.00 wib Mahasiswa KKN Daring UPGRIS  memulai kegiatan dengan mengajak anak --anak bermain dan belajar di Desa Gerung  Kec. Kaliwungu Kudus. Bermain dan belajar adalah salah satu hal yang bisa membuat anak-anak  lebih kreatif dan juga lebih aktif, untuk itu belajar lagu dolanan bocah adalah hal yang penting untuk terus melestarikan budaya yang mulai luntur dan tetap menaati Protokol Kesehatan.               

Mahasiwa KKN UPGRIS mengajak  anak-anak untuk mengisi waktu luang di saat pandemic Covid dengan gerakan " #Dirumah Saja"memungkinkanuntuk  belajar lagu dolanan bocah yang sekarang sudah luntur dan di gantikan oleh lagu orang dewasa yang tidak sesuai dengan usianya. Karena sangat perlu di tanamkan rasa cinta budaya yang harus di lestarikan sampai sekarang di dalam diri anak-anak. Mahasiswa kkn upgris berupaya semaksimal mungkin mengenalkan dan memberikan edukasi tetang pentingnya mencintai dan melestarikan lagu dolanan bocah yang sudah hilang keberadaannya.

Cara bermain dalam tebak lagu dolanan bocah yaitu

  • Menyiapkan 4-5 lagu dolanan bocah yang harus mereka pilih secara acak.
  • Lalu mengambil salah satu dari lagu dolanan bocah dan memberikan kepada Mahasiswa.
  • Kemudian Mahasiswa membuka lagu yang sudah di pilih sebelumnya dan  menyebutkan judul lagu.
  • Anak-anak harus menyanyikan dengan benar dan jika benar nanti akan mendapatkan hadiah menarik dari mahasiswa KKN UPGRIS.

Semoga dengan adanya belajar dan bermain lagu dolanan bocah di masa pandemi seperti sekarang ini mampu memberikan semangat dan kreativitas serta membangkitkan semangat untuk lebih mencintai lagu daerah yang hampir punah di zaman modern seperti saat ini.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline