Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN BTV 3 UENJ Mengajak UMKM Tumbuh dan Berkembang di Tengah Pandemi Melalui Strategi Digital Marketing

Diperbarui: 30 Agustus 2021   15:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Wilayah Kecamatan Kaliwates merupakan salah satu wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Jember. Pembentukan wilayah kecamatan ini didasarkan pada Peraturan Pemerintah No. 50 tahun 1992 tentang pembentukan Kecamatan di wilayah-wilayah Kabupaten DATI II.

Kelurahan Mangli merupakan salah satu wilayah dari Kecamatan Kaliwates yang terletak di sebelah barat. Kurang lebih 20 km dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Jember. Kelurahan Mangli Untuk wilayah kelurahan Mangli khususnya memiliki batas wilayah dengan Kelurahan/Desa sebagai berikut:

  • Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Sukorambi Kecamatan Sukorambi.
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Ajung Kecamatan Ajung.
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Kelurahan Sempusari Kecamatan Kaliwates.
  • Sebelah barat berbatasan dengan Desa Jubung Kecamatan Sukorambi.

Sasaran program pemberdayaan wirausaha masyarakat terdampak covid-19 adalah Mie Lidi cap Bogarasa. Bogarasa merupakan usaha kecil yang menjual berbagai macam camilan hasil produksi sendiri. Bogarasa terletak di Jalan Udang Windu, Kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember. 

Tempatnya yang sedikit tersembunyi, membuat tidak terlalu banyak orang yang mengetahui tentang Bogarasa. Tetapi tidak sedikit pula orang yang datang untuk membeli camilan di Bogarasa, walaupun kebanyakan dari mereka adalah warga setempat. Bogarasa juga menjadi tempat distributor snack untuk membeli dan kemudian menjualnya kembali kepada para pelanggannya dengan kemasan yang berbeda. 

Tetapi semenjak pandemi Covid-19 menyerang, pemasukan/keuntungan/omset yang diterima pihak Bogarasa menjadi menurun. Banyak toko-toko atau warung-warung yang biasanya menjadi tempat menitipkan produk Bogarasa tutup karena pandemi, sehingga membuat pendapatan yang diterima Bogarasa juga berkurang. 

Pihak Bogarasa juga kurang paham mengenai pemasaran online, sehingga membuat promosi produk mereka kurang maksimal, dan masyarakat kurang mengetahui keberadaannya. Maka dari itu, saya memutuskan untuk membantu pihak Bogarasa mengembangkan dan meningkatkan nilai jual produknya di tengah pandemi Covid-19 ini. Dan salah satu camilan Bogarasa yaitu Mie Lidi menjadi titik fokus yang akan dikembangkan.

Kegiatan pemberdayaan wirausaha yang akan dilakukan dengan tujuan meningkatkan nilai jual produk Mie Lidi cap Bogarasa di tengah pandemi covid-19, yakni melakukan branding. Branding sendiri dilakukan sebagai pencitraan agar suatu produk dapat menarik dan melekat dalam benak konsumen. 

Branding akan dilakukan dengan cara memperbarui logo, dan juga desain kemasan produk agar menjadi lebih menarik, yang nantinya akan berguna untuk menarik perhatian konsumen. Selain itu, saya juga akan membantu membuat dan mengembangkan akun media sosial untuk produk Mie Lidi cap Bogarasa, sekaligus memasarkannya. 

Cara yang akan saya gunakan untuk memasarkan produk yaitu membuat konten promosi melalui video maupun foto, dan meng-upload-nya di akun media sosial yang telah dibuat sebelumnya. 

Foto yang akan di upload berupa foto produk dengan desain yang baru dan video promosi yang berfokus pada kenikmatan Mie Lidi-nya. Tidak lupa, saya juga akan menggunakan template yang dapat menarik perhatian konsumen untuk membeli Mie Lidi cap Bogarasa.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline