Lihat ke Halaman Asli

Pembelajaran Abad 21

Diperbarui: 20 Desember 2020   21:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Perkembangan dunia abad 21 ditandai dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam segala segi kehidupan. Teknologi menghubungkan dunia menjadi tanpa batas, termasuk dalam proses pembelajaran. Dunia kerja menuntut perubahan kompetensi. Kemampuan berpikir kritis, memecahkan masalah, dan berkolaborasi menjadi kompetensi penting dalam memasuki kehidupan abad 21. Sekolah dituntut mampu menyiapkan siswa memasuki abad 21.

Penguasaan teknologi informasi komunikasi menjadi hal yang harus dilakukan oleh semua guru pada semua mata pelajaran. khususnya tekonologi informasi komunikasi, memfasilitasi siswa mengikuti perkembangan teknologi, dan mendapatkan berbagai macam sumber dan media pembelajaran. Sumber belajar yang semakin variatif memungkinkan siswa mengekplorasi materi ajar dengan berbagai macam pendekatan sesuai dengan gaya dan minat belajar siswa.

Mensikapi fenomena perkembangan teknologi dan kebutuhan tenaga kerja di masa akan datang. Sekolah perlu dipersiapkan dan menyiapkan diri dalam menghadapi tantangan abad 21. Pemahaman terhadap kecakapan abad 21 menjadi penting disampaikan kepada siswa. Pencapaian kecakapan abad 21 dilakukan dengan memahami karakteristik, teknik pencapaian dan strategi pembelajaran yang dilakukan.

KETERAMPILAN ABAD 21 (21st Century Skills) Menurut (Trilling dan Fadel, 2009) keterampilan Abad 21 yang diperlukan adalah (1) life and career skills, (2) learning and innovation skills, dan (3) Information media and technology skills. Ketiga keterampilan tersebut dirangkum dalam sebuah skema yang disebut dengan pelangi keterampilan pengetahuan abad 21/ 21st century knowledge-skills rainbow.

Life and Career Skills Life and Career skills (keterampilan hidup dan berkarir) meliputi.

  • Fleksibilitas dan adaptabilitas: Siswa mampu mengadaptasi perubahan dan fleksibel dalam belajar dan berkegiatan dalam kelompok
  • Memiliki inisiatif dan dapat mengatur diri sendiri: Siswa mampu mengelola tujuan dan waktu, bekerja secara independen dan menjadi siswa yang dapat mengatur diri sendiri.
  • Interaksi sosial dan antar-budaya: Siswa mampu berinteraksi dan bekerja secara efektif dengan kelompok yang beragam.
  • Produktivitas dan akuntabilitas: Siswa mampu menglola projek dan menghasilkan produk.
  • Kepemimpinan dan tanggungjawab: Siswa mampu memimpin teman-temannya dan bertanggungjawab kepada masyarakat luas.

Learning and Innovation Skills Learning and innovation skills (keterampilan belajar dan berinovasi) meliputi

  • Berpikir kritis dan mengatasi masalah: siswa mampu mengunakan berbagai alasan (reason) seperti induktif atau deduktif untuk berbagai situasi; menggunaan cara berpikir sistem; membuat keputusan dan mengatasi masalah.
  • Komunikasi: siswa mampu berkomunikasi dengan jelas secara individu maupaun kelompok.
  • Kolaborasi: siswa tidak hanya mampu bekerja sama dalam kelompok melainkan, setiap anggota mempunyai tanggung jawab yang sama dalam tujuan yang dicapai.
  • Kreativitas dan inovasi: siswa mampu berpikir kreatif, bekerja secara kreatif dan menciptakan inovasi baru dalam proses pembeajaran.

Information Media and Technology Skills Information media and technology skills (keterampilan teknologi dan media informasi) meliputi

  • Literasi informasi: siswa mampu mengakses informasi secara efektif (sumber nformasi) dan efisien (waktunya); mengevaluasi informasi yang akan digunakan secara kritis dan kompeten; mengunakan dan mengelola informasi secara akurat dan efektf untuk mengatasi masalah.
  • Literasi media: siswa mampu memilih dan mengembangkan media yang digunakan untuk berkomunikasi.
  • Literasi ICT: siswa mampu menganalisis media informasi; dan menciptakan media yang sesuai untuk melakukan komunikasi.

KARAKTERISTIK GURU ABAD 21

Guru abad 21 alias jaman now harus memiliki kemampuan khusus dan berbeda dengan guru jaman old. Di era globalisasi ini guru wajib beradaptasi dengan perubahan digital di semua sendi kehidupan, oleh karena itu karakteristik pendidik abad 21 menurut Pamer meliputi:

  • Learner -- Centered Clasroom and Personalized Intruction (Guru berfungsi sebagai penyelaras, pemimbing bagaimana siswa memperoleh informasi pembelajaran)
  • Stundents as Producers ( Guru meberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengahasilkan kemampuan sesuai karakteristik potensi dalam memanfaatkan teknologi pendididkan)
  • Learning new technologies (seorang guru harus selalu belajar meng update teknologi yang berkembang dan cara pemanfatannya dalam proses pembelajaran)
  • GO Global (Guru dapat memfasilitasi siswa dalam belajar sesuatu apapun di belahan nergara manapun dengan memenfaatkan teknologi informasi)
  • Be Smart and Technology (Penggunaan teknologi tidak hanya sebagai gaya hidup tetapi lebih bijak digunakan sebagai sarana pembelajaran)
  • GO Digital (Guru mampu beradaptasi dengan fasilitas digital dalam proses pembelajaran)
  • Collaborate (Mampu mensinergikan antara pengetahuan, teknologi dan kemampuan siswa)
  • Connect (Guru dapat mengubungkan materi yang disampaikan dengan ilmu yang dipelajari di masa akan dating dengan inforamasi yang tersedia di dunia maya)

KOMPETENSI GURU ABAD 21

Abad 21 benar-benar membutuhkan guru yang profilnya efektif, professional dan mempesona yang cocok untuk menghadapi tantangan abad 21. Kompetensi guru yang sudah dirumuskan pemerintah meliputi kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi pedagogik perlu dikontekstualisasikan dan dilakukan penyesuaian sehingga mampu mempersiapkan dan memprediksi kebutuhan belajar peserta didik abad 21 dan tuntutan masyarakat abad 21 meliputi.

  • Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan guru mengenai pengelolaan pembeajaran mulai dari merencanakan, melaksanakan sampai dengan mengevaluasi.
  • Kompetensi kepribadian merupakan personal yang mencerminkan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, canggih, humoris namun tegas, dan berwibawa selalu memesona bagi peserta didik.
  • Kompetensi sosial pendidik sebagai bagian dari masyarakat untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan ,orangtua serta masyarakat
  • Kompetensi profesional merupakan kemampuan yang berkenaan dengan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline