Lihat ke Halaman Asli

Richo A. Nogroho

Web Designer

Bukti Kongkrit JNE Dalam Mendukung UMKM Menghadapi Era Ekonomi Digital

Diperbarui: 16 September 2019   11:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dra. Tri Widyani Pangestuti, M.Si, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Malang sebagai salah satu narasumber yang hadir. (dok. pribadi)

Pesatnya perkembangan teknolgi memiliki dampak kongkrit terhadap berbagai aspek. Konektifitas menjadi kebutuhan penting yang harus terpenuhi setiap harinya. Tak heran, rasanya saat ini sukar dihadapi dalam kondisi tanpa terhubung internet. Sangat susah, bukan?

Disadari langsung dampak era digital telah merubah prilaku orang, termasuk pada sektor perdangan. Di mana teknologi yang dulunya cenderung hanya mempercepat arus komuniasi dan informasi, saat ini sudah berdampak pada jual beli produk maupun jasa. Beli apa saja, sekarang memungkinkan hanya melalui pemesanan online.

Inilah yang dimaksud era Ekonomi Digital, bagaimana cara berjualan, mempromosikan, hingga memperoleh barang atau jasa dengan memanfaatan teknologi. Semakin praktis tentunya, cukup dengan klak-klik saja, kemudahan bertransaksi hanya melalui smartphone dalam genggaman.

Baca juga: Recharge Ilmu Inovasi Marketing Online itu Penting di Era Digital

Propabilitas atau potensi yang ditimbulkan menjadi peluang besar bagi para pelaku UMKM. Dengan cermat memanfaatan perkembangan teknologi untuk mendongkrak penjualannya. Maka dari itu, JNE sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dibidang pengiriman dan logistik, melakukan banyak inovasi dalam mendukung perkembangan UMKM di Indonesia.

Seperti yang berlangsung pada hari Rabu (11/09) menggelar JNE Kopiwriting bekerja sama dengan Kompasiana di Malang, tepatnya di lantai 2 Vargo Kitchen yang berlokasi di Jalan Borobudur No.63A, Mojolangu, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur. Setelah sukses menggelar di tiga kota besar sebelumnya,  yakni Kota Bandung, Padang, dan Banjarmasin

Terpilihnya Kota Malang bukan tanpa sebab, dikarenakan Kota Malang memiliki banyak pelaku UMKM, dengan berbagai macam produk unggulan. Apalagi sebagai tujuan destinasi wisata, tentunya banyak memiliki produk oleh-oleh, baik yang khas dan dikenal masyarakat luas se-Nusantara, hingga manca negara.

Peserta yang hadir di acara JNE Kopiwriting Malang begitu antusias menyimak pemaparan materi dan mendokumentasikan selama kegiatan berlangsung. (dok. pribadi)

Melalui acara yang mengusung tema "Membawa UMKM Lokal ke Era Ekonomi Digital", dikemas dengan santai, layaknya sebuah talkshow dihadiri langsung oleh Kepala Cabang JNE Malang, Windhu Abiworo. Beliau mengatakan “JNE menginginkan adanya UKM-UKM yang saat ini bisa dijadikan industri yang lebih besar lagi, bukan lagi usaha kecil menengah,”.

Terbukti banyak upaya yang dilakukan JNE, seperti di Malang terdapat “Rumah UMKM”. Bekerja sama dengan beberapa dinas pemerintahan terkait dalam memberikan pelatihan, materi, packaging, coaching clinic berupa branding dan hingga digital marketing. Bahkan, tak hanya menargetkan penjualan domestik saja, melainkan bisa mendorong pelaku UMKM untuk merambah ke pasar internasional.

Baca juga: Inovasi Marketing Online bersama JNE 

“JNE hadir untuk semester 2019, kami mencoba menggali potensi pengiriman ke luar negeri, tanpa harus dengan syarat yang terlalu ribet.” Lanjut beliau dalam sambutannya. Semakin menarik dengan kehadiran tiga narasumber berkompeten, yakni Dra. Tri Widyani Pangestuti, M.Si, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Malang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline