Lihat ke Halaman Asli

Resume Perangkat Jaringan Repeater, Bridge, Network Interface Card

Diperbarui: 28 Maret 2022   10:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://onlinesmarttrainer.blogspot.com/

Repeater adalah peralatan sederhana yang menghasilkan kembali sinyal antara dua node jaringan untuk memperpanjang jarak kabel jaringan. 

Repeater hanya bekerja pada tingkat fisik (lapisan 1 dari model OSI), yaitu bekerja hanya pada tingkat informasi biner yang beredar di saluran transmisi dan tidak dapat menafsirkan paket informasi. 

Di sisi lain, Repeater dapat memungkinkan untuk menyediakan antarmuka antara dua media fisik dari jenis yang berbeda, yang berarti dapat, misalnya, memungkinkan untuk menghubungkan segmen pasangan bengkok ke untaian serat optik.

Bridge adalah perangkat keras jaringan komputer yang bekerja pada lapisan data link model OSI, dan juga membantu untuk membuat interkoneksi di antara beberapa jaringan dengan menggunakan protokol yang sama.

Network Bridge membagi jaringan besar menjadi segmen-segmen kecil, dan segmen-segmen ini mewakili domain tabrakan yang terpisah, dan juga membantu mengurangi jumlah tabrakan melalui jaringan. Setiap domain tabrakan berisi bandwidth individu sendiri, sehingga kinerjanya semakin meningkat

(Network Interface Card) NIC adalah kartu ekspansi komputer untuk menghubungkan ke jaringan (misalnya, jaringan rumah atau Internet) menggunakan kabel Ethernet dengan konektor RJ-45. Karena popularitas dan biaya standar Ethernet yang rendah, hampir semua komputer baru memiliki antarmuka jaringan yang dibangun langsung ke motherboard. Adaptor jaringan adalah kartu plug-in yang memungkinkan komputer untuk mengirim dan menerima data di jaringan lokal.

Di mana Network Interface Card berada ?

Di komputer desktop, kartu jaringan paling sering terletak di dekat port USB di bagian belakang jika itu adalah versi onboard. Jika ini adalah kartu ekspansi kartu jaringan yang terpisah (tidak terpasang), biasanya ada di bagian belakang komputer, di dekat bagian bawah, menggunakan slot PCI.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline