Nama : Richie Alessandro Piero
NIM : 115190403
Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai Brand Extension ini, ada baiknya kita mengetahui apa arti dari Brand Extension ini. Brand Extension ini merupakah salah satu strategi perluasan bisnis yang kerap kali digunakan oleh brand - brand yang sudah memiliki nama brand dengan tujuan untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas lagi dan memberikan inovasi - inovasi baru yang tentunya membuat produk yang berbeda dari produk utamanya. Setelah kita mengetahui arti dari Brand Extension ini. Kita juga harus tau, apa yang menjadi kekurangan dan kelebihan dalam melakukan Brand Extension.
Kekurangan dari brand extension yang Pertama ini, adalah dapat menyebabkan dilusi merek. Dilusi merek ini terjadi karena suatu brand tidak mampu mempertimbangkan relasi antara produk yang sudah ada dengan produk terbarunya.
Sehingga dapat menyebabkan kustomer atau pelanggan mengalami kebingungan terhadap ciri khas dari produk yang baru dikeluarkan dengan identitas dari produk yang seharusnya saat mau membeli produk dari brand tersebut.
Kelemahan yang kedua ini dari Brand Extension adalah dapat merusaknya image dari suatu brand, karena dapat memunculkan tanggapan yang kurang baik dari konsumen terhadap produk - produk yang baru dipasarkan, jika produk baru itu gagal diterima di masyarakat. Nama dari brand tersebut bisa jadi tidak cocok untuk produk baru.
Setelah membahas kekurangan dari brand extension, tentunya masih terdapat banyak kelebihan jika suatu brand mampu menerapkan strategi peluasan bisnis ini ke dalam produk mereka.
Kelebihan dari brand extension yang Pertama ini, adalah Munculnya peluang besar terhadap produk baru untuk dapat diterima oleh konsumen. Karena jika suatu brand menciptakan suatu merek baru ini, dapat menciptakan keinginan bagi konsumen untuk mencoba dan menerima dari produk baru.
Ditambah jika brand tersebut sudah memiliki jejak yang baik bagi konsumen dalam menggunakan produk - produk sebelumnya. Kelebihan yang kedua dari Brand Extension ini adalah meningkatnya brand image bagi brand tersebut.
Dengan memegang ciri khas dasar yang sama, maka pelanggan akan mempercayai terhadap merek terbaru yang ditawarkan. Bahwa brand tersebut tetap mempertahankan brand identity dari produk tersebut.
Kelebihan yang ketiga dari Brand Extension ini adalah dapat menghemat biaya pengembangan produk, Dikarenakan di platform yang sama, dapat digunakan kembali untuk mempromosikan produk terbaru dan dapat menghemat biaya pemasaran.