Masalah yang menjadi latar belakang praktek baik ini adalah:
1. Cara mengajar di kelas masih monoton
2. Kurangnya memotivasi peserta didik di dalam belajar
3. Kurang memanfaatkan media pembelajaran berbasis TIK
4. Kurangnya pemahaman mengenai model-model pembelajaran inovatif
5. Belum maksimal dalam menciptakan pembelajaran interaktif dan menarik
Berdasarkan permasalahan di atas, penulis sudah melakukan eksplorasi penyebab masalah melalui proses wawancara disimpulkan bahwa akar penyebab masalahnya adalah:
1. Motivasi belajar peserta didik masih rendah.
2. Kurangnya pemahaman mengenai model- model pembelajaran inovatif.
Dari kedua akar penyebab masalah tersebut, penulis mencoba menemukan alternatif solusi yaitu, mencoba menerapkan model pembelajaran inovatif yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka yaitu dengan model Project Based Learning (PJBL) yang dikombinasikan dengan media Power Point. Diharapkan dengan model pembelajaran inovatif dapat membentuk perilaku saintifik, perilaku sosial, dan mengembangkan ketrampilan 4 C (creativity, critical thinking, collaboration, and communication). Keempat ketrampilan tersebut bertujuan untuk membentuk pribadi peserta didik yang cerdas dan berkualitas.
Praktek ini penting karena dapat menimbulkan dampak yang besar dan luar biasa dalam proses pembelajaran yaitu: