PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI atau Bank BRI) adalah salah satu perusahaan milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang perbankan dan merupakan salah satu bank komersial terbesar di Indonesia yang selalu mengutamakan kepuasan nasabah dengan slogannya "Melayani Dengan Setulus Hati".Bank BRI berkembang hingga saat ini dan memiliki kebijakan di setiap Kecamatan terdapat 1 kantor BRI agar tidak menunggu maka disediakan teras BRI dan untuk di Desa biasanya di bantu oleh agen BRIli, fungsi dari teras BRI dan agen BRIli sama dengan kantor BRI yang bisa menerima simpanan, pinjaman, buka rekening, dan setor tunai.
Di sini saya akan mencoba membahas proses CSR salah satu cabang Bank BRI, yaitu pada Cabang Pujon, seperti yang telah ditetapkan oleh pemerintah pada Pasal 74 Undang-undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas yang mengatur tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan, di mana perseroan menjalankan kegiatan usahanya di bidang dan/atau berkaitan dengan sumber daya alam wajib melaksanakan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan tersebut. Adapun konsep dari CSR itu sendiri mempunyai pandangan bahwa perusahaan yang ingin berkelanjutan harus memperhatikan 3P, yaitu kontribusi kepada masyarakat (people), ikut aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan (planet), dan tidak lupa juga keuntungan untuk perusahaan (profit).
Kebijakan yang dilakukan Bank BRI Cabang Pujon adalah melalui pendataan dan tidak memberikan secara langsung. Terdapat delapan anggota cluster dan produk yang diolah adalah produk asli dari Desa tersebut. Seperti halnya di Pujon Kidul yang berkembang adalah produk susu maka produk yang didaftarkan harus mengarah ke situ seperti kue olahan susu atau jajanan olahan susu, produk seperti ini yang bisa di daftarkan sebagai cluster. Bank BRI juga melihat apa yang akan di dapat oleh Bank BRI dari cluster tersebut atau dengan kata lain adalah timbal balik perusahaan dengan masyarakat. Biasanya sasaran program CSR Bank BRI salah satunya adalah untuk memberdayakan UMKM Desa Pujon Kidul yang memiliki produk local dan di angkat untuk mengikuti produk nasional. Salah satu program promosinya adalah PRS dan PHS (Panen Hadiah Simpedes) yang diadakan pada setiap enam bulan sekali.
Adapun efek sustainability bagi penerima CSR Bank BRI adalah membantu proses masyarakat dalam mengambangkan dan menghasilkan pendapatan lebih dari pemanfaatan potensi yang ada disekitarnya. Dengan cara dari pihak Bank BRI melakukan evaluasi cluster, agar setiap kelompok yang mengajukan tetap terus berkembang. Diharapakan setelah mendapat biaya sarana prasarana dari pihak Bank BRI harus tetap berlanjut tidak boleh sampai berhenti berjalan.
Bank BRI telah memiliki konsep dan menjalankan program CSR sejak lama, khususnya pada BRI Pujon Kidul yang bekerja sama dengan pemerintah desa berusaha untuk menyentuh kepentingan masyarakat ekonomi kelas bawah yaitu pelaku UMKM dengan memberikan Bantuan CSR berupa pinjaman modal atau uang, dengan bantuan tersebut telah memberikan dampak yang besar kepada masyarakat desa untuk semakin terus termotivasi.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H