Lihat ke Halaman Asli

Richard Losando

Pemerhati sosial budaya, Digital Marketing dan Filsafat

Masyarakat Urban, Perpaduan Gaya Hidup Kekinian dengan Perbankan Syariah

Diperbarui: 8 Januari 2018   14:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Bagi kita generasi milenial, tentunya memiliki tantangan yang lebih besar dibandingkan dengan generasi orang tua kita. Bukan merendahkan perjuangan mereka. Tetapi dahulu populasi tidak sebanyak sekarang. 

Harga tanah pun masih murah. Tentu berbeda dengan masa sekarang. Untuk punya rumah di kota besar seperti Jakarta saja penuh perjuangan. Apalagi gaji sebagai karyawan yang tentu akan sulit untuk membeli rumah di Jakarta. Bahkan dengan bantuan sistem kredit kepemilikan rumahpun terasa mustahil. 

Mari kita buat simulasinya, Jika gaji karyawan yang baru lulus kuliah diumur 22 tahun sebenar 3, 4 Juta. Harga rumah di di Jakarta 800 Juta. Maka berapa tahun karyawan tersebut membeli rumah? Tentu sangat sulit. Bahkan untuk mengumpulkan uang muka saja masih terasa sulit.

Banyak tawaran yang dijanjikan oleh perbankan dalam proses kredit kepemilikan rumah. Pengalaman saya untuk membeli perumahan di daerah Bogor  membukakan pemikiran saya mengenai sistem bunga yang ditawarkan oleh perbankan Maybank Syariah. 

Bagi saya, masa depan itu rahasia Ilahi. Saya cenderung menghindari ketidakpastian bunga. Jika saya membeli rumah di Bank komersial, maka bunga fixed rata-rata 3 tahun pertama. Sisanya mengikuti suku bunga. Meski lebih tinggi bunga yang ditawarkan oleh perbankan syariah tetapi dipastikan bunga tidak akan berubah-ubah. 

Gaji tiap tahun pasti naik, baik karena inflasi maupun karena kenaikan karir. Namun, cicilan KPR tetap sama. Dengan asumsi sederhana ini maka bagi saya, sangat menguntungkan untuk membeli rumah melalui Perbankan Syariah khususnya Maybank.

Maybank Syariah menawarkan sebuah kepastian untuk membantu kita memiliki sebuah hunian yang tidak membuat kita pusing karena ketidakpastian bunga cicilan. Lebih baik cicilan besar sedikit tetapi tetap dibandingkan kecil diawal besar dikemudian harinya.

Mari berpikir cerdas agar masa depan kita tidak tertindas. Jangan mau dilibas cicilan karena terpedaya oleh janji manis di awal. Pilih tenang masa depan mapan bersama dengan Maybank Syariah

1




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline