Dalam kajian ekonomi secara mikro, terdapat dua hal krusial yang sangat berperan dalam bidang perekonomian yaitu permintaan (demand) dan penawaran (supply). Permintaan dan penawaran adalah dua hal yang sering terjadi dalam kehidupan sehari -- hari manusia, terutama dalam sektor perekonomian.
Terjadinya interaksi antara permintaan dan penawaran yang akan menentukan tingkat harga tertentu disebut mekanisme pasar. Mekanisme pasar sendiri dapat berjalan apabila syarat utamanya terpenuhi yaitu transaksi pertukaran (perdagangan). Konsep penawaran membahas tentang produksi, supply, harga, keuntungan, produsen, pemasaran, dan pasar.
Begitu juga dalam konsep permintaan yang membahas tentang konsumsi, konsumen, demand, kebutuhan hidup, harga yang selalu menjadi prioritas utama dalam menjalankan konsep permintaan. Teori permintaan dan penawaran telah banyak dibahas dalam berbagai artikel dan buku namun teori permintaan dan penawaran dalam perpektif islam memiliki perbedaaan yang mendasar.
Teori permintaan dan penawaran dalam perspektif islam memiliki batasan-batasan dalam berekonomi yaitu syariat yang berhubungan langsung dengan Allah SWT dan sumber-sumber Islam seperti Al-Qur'an dan As-Sunnah serta ijtihad dari para ulama atau para tokoh ekonomi Islam. Jadi, di dalam agama Islam Allah telah mengatur segalanya termasuk dalam bidang perekonomian sekalipun yang dijadikan pedoman bermuamalah bagi umat muslim.
Permintaan (demand) secara umum adalah banyaknya jumlah barang yang diminta pada suatu pasar tertentu dengan tingkat harga tertentu pada tingkat pendapatan tertentu dalam suatu periode waktu tertentu. Hukum permintaan menjelaskan bahwa jumlah barang yang selalu diminta akan selalu berbanding terbalik dengan harganya. Jika harga barang naik, maka jumlah barang yang diminta akan berkurang, dan sebaliknya, ceteris paribus.
Oleh karenanya, slope atau kemiringan kurva permintaan menurun dari kiri atas ke kanan bawah. Dalam realisasinya berarti bahwa seorang individu di pasar ini dipengaruhi oleh adanya harga atau pun sebaliknya pembelian barang ini akan mempengaruhi harga barang di pasar.
Teori permintaan Islami membahas tetang permintaan barang halal, barang haram dan hubungan antara keduanya. Dalam motif permintaan Islam menekankan pada tingkat kebutuhan konsumen terhadap barang tersebut sedangkan motif permintaan konvensional lebih didominasi oleh nilai-nilai kepuasan.
Teori permintaan dalam perspektif islam sangat memperhatikan perbedaan halal dan haramnya suatu barang konsumsi ataupun produk yang akan digunakan oleh konsumen. Hal ini termaktub dalam QS. Al-Maidah ayat 87 -- 88 yang artinya "Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu haramkan apa-apa yang telah dihalalkan bagi kamu, dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.
Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezekikan kepadamu, dan bertaqwalah kepada Allah Yang kamu beriman kepada-Nya". Menurut Ibnu Taimiyah, faktor -- faktor yang,mempengaruhi permintaan adalah keinginan masyarakat (raghbah) terhadap barang, jumlah peminat (thullab) suatu barang, lemah kuatnya kebutuhan terhadap suatu barang, kualitas pembeli, jenis uang yang digunakan, besar kecilnya biaya penjual/ produsen, kepemilikan resiprokal antara penjual dan pembeli.
Selain itu, dalam ajaran Islam umat muslim dilarang untuk berbuat ishraf atau berlebihan dalam membelanjakan uangnya, harus mengutamakan kebaikan untuk kepentingan kemaslahatan bersama. Dalam Islam tidak dianjurkan dalam permintaan suatu barang ditujukan untuk kemegahan, kemewahan, kemubadziran dan islam menangkal hal -- hal buruk tersebut yang mungkin terjadi dengan memerintahkan umat islam bagi yang hartanya telah mencapai nishab, untuk menyisihkan dari hartanya guna membayar zakat, infaq, dan shodaqoh. Dengan implementasi ini, selain menunaikan syariat maka maslahah bagi umat akan tercapai.
Sedangkan penawaran (supply) secara umum adalah jumlah keseluruhan barang atau jasa yang akan dijual atau ditawarkan oleh produsen pada berbagai tingkat harga selama periode waktu tertentu. Hukum penawaran menjelaskan bahwa jumlah barang yang ditawarkan akan selalu berbanding lurus dengan harganya. Jika harga barang naik, maka jumlah barang yang ditawarkan akan bertambah, dan sebaliknya, ceteris paribus. Oleh karenanya slope atau kemiringan kurva penawaran bersifat positif atau naik dari kiri bawah ke kanan atas. Dalam artian apabila harga suatu produk naik yang mengakibatkan bertambahnya keuntungan yang akan diperoleh produsen, maka produsen termotivasi untuk mengadakan dan menyediakan produk tersebut untuk ditawarkan ke pasar. Hal ini mengakibatkan jumlah barang yang tersedia di pasar semakin banyak. Sebaliknya apabila harga suatu produk turun yang mengakibatkan keuntungan yang diperoleh produsen sedikit, maka produsen kurang bergairah untuk mengadakan dan menyediakan produk tersebut untuk ditawarkan ke pasar. Teori penawaran dalam perspektif islam menyatakan bahwa hanya barang -- barang halal dan thayyib yang diproduksi, hal ini dikuatkan dengan dalil Al-Qur,an QS. Al- Baqarah ayat 168 yang artinya "wahai manusia! Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah -- langkah setan. Sungguh, setan itu musuh yang nyata bagimu".