Lihat ke Halaman Asli

RICHA NAN

Mahasiswa

PKM UM: Membantu Ekonomi dan Beri Pemahaman Pentingnya Prokes kepada Pekerja Penghasilan Tidak Tetap Terdampak Pandemi

Diperbarui: 18 Desember 2021   12:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Assalamualaikum wr. wb.

Sudah terhitung lebih dari 1 tahun pandemi Covid-19 yang sangat berdampak bagi masyarakat di Indonesia. Pandemi Covid-19 ini tidak hanya berdampak bagi kesehatan para masyarakat sendiri. Namun, pastinya juga berdampak pada kondisi ekonomi masyarakat. 

Kondisi ekonomi masyarakat di masa Pandemi Covid-19 benar-benar menurun, baik untuk masyarakat di berbagai kalangan seperti pengusaha dll terutama para pekerja yang memiliki penghasilan tidak tetap atau tidak pasti. 

dokpri

dokpri

Permasalahan ini sangat menarik perhatian saya sebagai salah satu mahasiswi Universitas Negeri Malang untuk menjadikan dasar dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat. 

Melakukan pengabdian kepada masyarakat di kondisi seperti ini yaitu kondisi pandemi merupakan hal yang sangat bermanfaat karena dengan adanya kegiatan ini nanti pastinya menumbuhkan rasa kesadaran dan kepedulian terhadap hal yang terjadi disekitar. Membuat mengerti dan memahami pentingnya berbagi dan saling mengasihi.

dokpri

dokpri

Pada pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini sempat dilakukan beberapa wawancara terhadap para pekerja berpenghasilan tidak tetap terutama para pedagang asongan dan kaki lima. 

Pada kondisi pandemi Covid-19 merupakan dampak terbesar mereka dalam mencari nafkah. Penghasilan yang benar-benar menurun membuat perekonomian bahkan kesehatan mereka menjadi hambatan dalam bertahan hidup. Penjualan yang bahkan sehari tidak mendapatkan untung banyak hingga tidak laku satu pun barang jualan para pedangan asongan dan pedangan kaki lima telah dilalui dalam kondisi pandemi sekarang. Bahkan mengalami kerugian pun kerap mereka hadapi sehingga menyebabkan kebutuhan makan dan hidup tidak tercukupi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline