Lihat ke Halaman Asli

Pelaksanaan Alokasi dalam Pembangunan

Diperbarui: 1 Oktober 2016   12:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Alokasi merupakan sebuah proses pembagian (distribution) dan penjatahan nilai - nilai (values) dalam masyarakat. Nilai - nilai yang dimaksud dalam alokasi tersebut adalah sesuatu yang dianggap baik dan benar, sesuatu yang diinginkan, sesuatu yang mempunyai harga, dan oleh karenanya dianggap baik dan benar, sesuatu yang ingin dimiliki oleh manusia. Jika disimpulkan, Alokasi nilai adalah suatu pembagian yang ingin dimiliki oleh manusia dengan adanya harga yang dianggap baik dan benar.

Lantas, alokasi apa saja yang terjadi di negara kita ini? Beberapa contoh alokasi yang terdapat di negara Indonesia adalah alokasi pembangunan, alokasi dana, dan masih banyak lagi. dalam artikel ini, saya akan membahas salah satu alokasi pembangunan yang terjadi di salah satu wilayah atau daerah di Indonesia, yaitu wilayah atau daerah Sumatera Selatan.

Seperti yang kita tahu, Palembang merupakan kota metropolitan yang megah setelah DKI Jakarta. Kota Palembang adalah ibukota bagian Sumatera Selatan, yang memiliki pembangunan infrastruktur yang berkembang secara pesat, dengan adanya pelaksanaan ASEAN Games pada tahun 2018 mendatang. Dengan pelaksanaan ASEAN Games yang dilakukan di Palembang, Sumatera Selatan, pemerintah provinsi Sumatera Selatan, Alex Noerdin, melakukan langkah pembangunan kereta api ringan (Light Rail Transit) biasa disingkat dengan LRT, yang sampai saat ini masih dalam tahap pembangunan, diperkirakan pembangunan kereta api ringan tersebut selesai pada bulan Januari tahun 2018 mendatang.

Pembangunan kereta api ringan tersebut memiliki tujuan lain selain untuk menertibkan dan memberikan suasana nyaman dalam pelaksanaan ASEAN Games pada tahun 2018 mendatang, yaitu untuk menghindari dari terjadinya grand lock atau kemacetan total yang akan terjadi pada tahun 2019 mendatang berdasarkan penelitian.

Menurut Nasrun Umar, selaku Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Provinsi Sumatera Selatan, pembangunan kererta api ringan tersebut memerlukan dana atau biaya sebesar Rp 7 triliun atau sebesar Rp 300 milliar per satu kilometer. Dalam tahap pembangunan ini, kita bisa melihat apa yang akan terjadi pada kota Palembang jika proyek kereta api ringan tersebut telah selesai sebelum deadline yang ditentukan dalam Peraturan Presiden Nomor 116 Tahun 2015, yaitu pada bulan Juni tahun 2018.

Lalu bagaimana kondisi alokasi pembangunan yang terjadi di wilayah atau daerah lain dalam negara Indonesia? Kita semua tahu bahwa negara Indonesia merupakan negara berkembang yang terletak di kawasan Asian Tenggara, sehingga jika kita membandingkan dengan negara - negara lain, contohnya seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, dan lain - lain, negara kita secara infrastruktur masih "jauh" dari infrastruktur negara - negara lain. Tetapi seiring berjalannya waktu, kita yakin negara Indonesia dapat menjadi seperti negara - negara lain yang memiliki tingkatan infrastruktur yang sama dalam bidang apapun.

Kesimpulan tulisan yang diatas adalah alokasi dapat berakibat baik bagi kehidupan masyarakat, dengan adanya alokasi, kita dapat mendapatkan sesuatu yang memiliki nilai dan makna yang bermanfaat dalam kehidupan kita. Jika kita ikut serta dalam berperan melakukan alokasi dibidang apapun, kita membagi sesuatu yang bermanfaat bagi sesama sehingga dapat mencapai tujuan yang ingin dicapai secara bersama.

Demikianlah artikel yang saya tulis, jika ada kesalahan dalam penulisan atau isi artikel, saya mohon maaf sebesar - besarnya, dikarenakan saya masih dalam tahap pembelajaran penulisan artikel, terima kasih.

Nama                         : Richard Ridwan

NIM                             : 07031181621029

Kelas                           : A (Indralaya ke Palembang)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline