Lihat ke Halaman Asli

Belajar Bahasa Inggris Asyik dengan Blooket dan Gimkit bersama Mahasiswa PPG Prajabatan UAD

Diperbarui: 27 Oktober 2023   12:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penerapan Blooket dan Gimkit (Sumber: Mahasiswa PPL)

Pembaruan dalam pembelajaran diperlukan agar dapat menciptakan pembelajaran yang lebih efektif dan menarik, sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran. Hal yang ingin diperbaharui biasanya muncul dari sebuah masalah. Itulah yang dialami oleh mahasiswa PPG Prajabatan UAD jurusan Bahasa Inggris selama melaksanakan PPL di SMP Negeri 3 Kalasan pada bulan Juli sampai dengan Agustus 2023. Mahasiwa yang melaksanakan PPL sekaligus menjadi penulis artikel ini adalah Ria Wulan Daru dan Septina Rizka Malaya. 

Penulis menemukan bahwa para peserta didik menganggap pembelajaran Bahasa Inggris tidak menyenangkan atau membosankan jika hanya disodori dengan bacaan-bacaan dan soal-soal yang belum tentu sesuai dengan minat peserta didik. Seperti yang kita ketahui, tidak semua peserta didik mudah memahami sesuatu hanya dengan membaca dan ada banyak peserta didik yang perlu berpartisipasi aktif mempraktikan langsung apa yang mereka pelajari. Permasalahan yang kedua, kurang adanya kerjasama dalam pembelajaran dikelas. Peserta didik belum terbiasa untuk berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan mereka. Padahal keterampilan kolaborasi  dituntut di era ini karena tentu sangat penting bagi peserta didik.

Dengan permasalahan-permasalah itulah penulis mencoba menerapkan metode pembelajaran yang berbasis game yaitu pembelajaran yang memanfaatkan media permainan. Permainan dalam pembelajaran memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bekerjasama secara kooperatif sekaligus kompetitif dalam suasana yang menyenangkan dan produktif. Games yang dirasa sesuai dengan kebutuhan peserta didik adalah games yang terdapat pada platform Blooket dan Gimkit.  Blooket merupakan game melalui platform kuis berbasis web dengan mode berbagai permainan yang menarik. Sama halnya dengan Blookit, Gimkit merupakan gim pembelajaran kuis interaktif untuk peserta didik yang membutuhkan pengetahuan, kolaborasi, dan strategi untuk menang. Perbedaan dari kedua platform tersebut terletak pada variasi mode permainan.

Pembelajaran dengan Blooket dan Gimkit akan menyenangkan karena peserta didik bermain game bersamaan dengan menjawab soal melalui smartphone mereka untuk mengasah kemampuan berkolaborasi peserta didik akan melaksanakan permainan secara berkelompok. Hal tersebut tentu meningkatkan motivasi peserta didik dalam pembelajaran sebagaimana mereka tertantang untuk dapat menjawab pertanyaan dengan benar dan cepat sehingga dapat menjadi pemenang.

Penerapan Blooket dan Gimkit (Sumber: Mahasiswa PPL)

Hasilnya, penerapan Blooket dan Gimkit tersebut dapat mencapai tujuan yaitu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi peserta didik serta menjadikan mereka berpartisipasi secara aktif dalam pembelajaran. Guru mampu memaksimalkan perannya sebagai motivator dan fasilitator sehingga peserta didik peserta didik dapat mengembangkan pengetahuan dan memaksimalkan potensinya dengan secara aktif berdiskusi untuk menyelesaikan tantangan dalam permainan tersebut. Terlebih lagi dengan adanya reward, peserta didik benar-benar berlomba untuk berkompetisi memenangkan games tersebut sehingga menciptakan suasana pembelajaran Bahasa Inggris yang menyenangkan dan semakin asyik. Selain itu, Blooket dan Gimkit tersebut dinilai mampu membuat peserta didik menemukan sendiri pengalaman belajar; mengolah kerjasama harmonis diantara para peserta didik, sehingga mampu memfasilitasi kerja kelompok; peserta didik belajar berdasarkan minat dan kemampuan mereka, sehingga meningkatkan minat belajarnya; meningkatkan kepercayaan diri peserta didik; serta meningakatkan hasil belajarnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline