Lihat ke Halaman Asli

Bisnis UKM dengan Twitter

Diperbarui: 9 Desember 2017   22:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Kemunculan Twitter sebagai media sosial juga banyak digemari sebagain besar orang. Melalui Twitter, bisnis akan lebih mudah untuk dipromosikan dan ditawarkan pada konsumen dengan langkah mudah. Ada beberapa strategi bisnis dengan memanfaatkan media sosial Twitter yang bisa diikuti.

Bisa dimungkinkan kalau Twitter merupakan platform popular setelah Facebook dan Instragram. Jadi tak salah jika memanfaatkan media sosial ini sebagai tempat mencari keuntungan. Bahkan Twitter punya antarmuka yang lebih ramah pada pengguna dibanding platform jejaring sosial lain.

Manfaatkan kolom pencarian

Dengan menggunakan Twitter, promosi bisa memanfaatkan kolom yang biasa digunakan pengguna untuk melakukan pencarian. Sisipkan keyword atau kata kunci pada produk yang dijual dengan memakai hashtag atau tagar tententu.

Dengan begitu akan memungkinkan pengguna Twitter lain bias menemukan produk tersebut. Kolom pencarian juga dapat dimanfaatkan untuk membuat tweet dengan target tertentu. Twitter juga dapat menjangkau para pengguna yang berada di berbagai tempat atau lokasi yang berbeda.

Tweet konten untuk meningkatkan hasil pencarian

Saat memilih Twitter sebagai media promosi dan pemasaran produk, pastikan untuk melakukan tweet konten mengenai produk yang dipasarkan. Dengan seringnya melakukan tweet konten, maka postingan akan menjadi aktif di newsfeed serta meningkatkan produk lebih sering muncul dihasil pencarian.

Agar tweet mudah diingat, pastikan untuk selalu memakai kata kunci. Jika dalam dunia blogging ada SEO, maka dalam media sosial dikenal pula sebutan SMO. SMO (Sosial Media Optimization) merupakan teknik pengoptimalisasian akun sosial untuk tujuan komersil.

Jalin relasi dengan media

Dengan beberapa tools yang terdapat pada media sosial Twitter, pengguna akan dimudahkan untuk melakukan pencarian orang-orang yang aktif dalam media sosial, dan dapat membantu Anda dalam proses pemasaran produk, misalnya saja seorang editor atau wartawan.

Dengan begitu akan terjalin sebuah relasi atau koneksi melalui wartawan atau editor tersebut untuk mempromosikan dan memasarkan produk atau bisnis diberbagai media lainnya. Dalam kata lain, ini adalah bentuk endorsement.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline