Lihat ke Halaman Asli

riap windhu

TERVERIFIKASI

Perempuan yang suka membaca dan menulis

Satu Hari Ramadan di Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral dengan Pemandu Wisata Jakarta

Diperbarui: 15 April 2023   12:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Masjid Istiqlal Jakarta, di belakangnya tampak Menara Gereja Katedral (dok.windhu)

Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral, Pasar Baru, Jakarta Pusat, tak dipungkiri merupakan magnet wisata religi bagi turis lokal dan turis mancanegara. Selain kemegahan dan kekhasan yang dimiliki, kedua tempat ibadah ini menjadi simbol toleransi keagamaan dari dua agama berbeda yang melekat kuat selama berpuluh-puluh tahun.   

Jakarta, 13 April 2022 atau tepat 22 ramadan, Masjid Istiqlal Jakarta, ramai dipenuhi pengunjung. Memasuki sepuluh hari terakhir ramadan,  jumlah jemaah yang singgah terlihat semakin banyak. Membawa sejumlah tas untuk beriktikaf, mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia, tak cuma dari Jakarta atau sekitaran lokasi masjid berada.

Matahari sangat terik. Untunglah, tak sulit untuk menuju Istiqlal. Selain kendaraan pribadi, menggunakan kendaraan umum pun bisa. Turun di halte Trans Jakarta Juanda, tinggal berjalan kaki beberapa puluh meter untuk masuk ke area dalam masjid.

Masjid Istiqlal, destinasi religi kebanggan bangsa (dok.windhu)

Pelataran masjid mulai ramai. Tenda-tenda bazzar pakaian, makanan, dan buku hadir mewarnai kemeriahan ramadan. Siang itu, ada layanan kesehatan gratis. Stan penerimaan zakat fitrah juga langsung terlihat di depan pintu masuk Al Fatah. Sepuluh hari terakhir, waktunya membayar zakat fitrah, yang di Istiqlal besaran 3,5 liter beras setara dengan Rp.50.000.

Tepat pukul 13.00 Kamis Siang, Biro Inovasi dan Kreatifitas & Biro Sosial DPD HPI DKI Jakarta mengadakan kunjungan ke Mesjid Istiqlal dan Katedral Jakarta. Selain memeriahkan bulan suci Ramadan, sebuah kegiatan Pengayaan Wawasan untuk para pemandu wisata (tourist guide). Di masjid Istiqlal, para pemandu wisata akan membawa turis-turis untuk mengagumi keindahan masjid terbesar di Asia Tenggara itu.

Pengayaan Wawasan Pemandu Wisata DPD HPI DKI (dok.windhu)

Pengayaan Wawasan Pemandu Wisata DKI

Mengunjungi destinasi wisata religi unggulan seperti Masjid Istiqlal, menurut Ketua HPI DPD DKI Jakarta Indra Diwangkara, sangat penting  bagi para pemandu wisata. Sebagai sebuah profesi, pemandu wisata harus selalu meningkatkan wawasan dan pengetahuannya agar kompeten seiring dengan perubahan zaman. Keikutsertaan dalam pengayaan profesi dengan mengunjungi destinasi wisata  bahkan menjadi salah satu syarat untuk mendapatkan perpanjangan lisensi sebagai pemandu wisata.

Obrolan seputar wisata religi ke Masjid Istiqlal mengalir di ruang Humas dan Media Masjid Istiqlal.  Didi, pemandu lokal dari Masjid Istiqlal  menyampaikan perkembangan terkini dari wisata lokal. Terutama, pasca renovasi besar-besaran yang telah dilakukan di masjid negara itu. Curhat dari beberapa pemandu wisata yang hadir pun terlontar.

Area shalat Masjid Istiqlal (dok.windhu)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline