Lihat ke Halaman Asli

riap windhu

TERVERIFIKASI

Perempuan yang suka membaca dan menulis

Setelah Tahu Tempe, Tidak Ada Penjual Daging Sapi di Pasar

Diperbarui: 2 Maret 2022   08:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penjual daging sapi di pasar (dok.windhu)

Penjual daging  sapi di pasar tidak ada yang berjualan . Los daging sapi benar-benar kosong. Tidak ada daging sapi yang biasa diletakkan di atas lapak marmer  atau digantung dalam kaitan. Tidak terlihat penjual yang  segera menyeset daging sapi sesuai dengan permintaan dari pembeli.

"Nggak ada yang jual daging sapi. Losnya kosong semua," kata kakak usai pulang dari Pasar Slipi. Senin 28 Febaruari 2022.

Informasi dari pedagang sayur di sekitar los daging, para penjual daging memang tidak berjualan karena berencana mogok. Harga daging yang melambung tinggi merupakan pemicunya. Menjelang bulan puasa, yang kemungkinan jatuh pada bulan April 2022, harga daging sapi bisa jadi akan naik lebih  

Kabar mengenai penjual daging sapi akan mogok sebenarnya sudah pernah disampaikan oleh penjual sayur keliling di perumahan ketika penjual tahu tempe mogok sepekan sebelumnya, tanggal 21 Februari 2022. Ketika itu saya menanggapinya hanya tertawa. "Wah gantian, ya? Benarkah mogok jualan?

Pedagang sayur keliling langganan ini cukup komplit menyediakan berbagai menu di gerobak yang didorongnya di perumahan. 

Ada daging sapi, daging ayam, ikan, tahu dan tempe, bahkan hingga ikan asin. Karenanya, informasi akan ada kenaikan harga ataupun mogok tersampaikan saat sedang berbelanja untuk kebutuhan masak sehari-hari. 

"Iya, beneran. Habis yang jual tahu tempe mogok,  nanti penjual daging yang mogok," katanya pekan lalu.

Baca juga: Tempe dan Tahu Tak Hanya Sekali Menghilang, Kenapa Harus Terulang?

Harga daging sapi terakhir di pasar adalah Rp.140.000 per kilogram. Mogoknya penjual daging sapi berjualan mungkin saja tak seheboh saat ketika tahu tempe lenyap di pasaran. 

Maklum, harga tahu tempe lebih bersahabat di kantong. Kalaupun ingin menu yang lebih enak, pilihan jatuh pada daging ayam yang hanya sekitar Rp.40.000-Rp.45.000 per kilogram. Untuk seekor ikan nila seharga Rp.6000  dan seekor ikan bandeng Rp.12.000.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline