Lihat ke Halaman Asli

riap windhu

TERVERIFIKASI

Perempuan yang suka membaca dan menulis

Emil Dardak, Puisi, dan Tentang Perempuan

Diperbarui: 15 Agustus 2018   07:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wagub Jatim Terpilih, Emil Dardak saat membaca puisi di booth Komunitas Ladiesiana dan RTC pada ICD 2018| Dokumentasi: Kompasiana

Terdampar di di Karangbolong 

Bawa tongkat galih asam

Temu ratu pantai selatan

 Sungguh kau cinta padaku?

Tanya buih digulung ombak

***

Baris-baris dalam bait puisi berjudul Mencintai Ratu Pantai Selatan, karya kompasianer Ikhwanul Halim itu dengan tenang dibacakan oleh Emil Dardak, Wakil Gubernur Terpilih Jawa Timur.

Semua penontonnya, terutama para perempuan yang memenuhi booth kolaborasi komunitas Ladiesiana dan Rumpies The Club (RTC) memandangnya saat berpuisi, tak henti. "Gantengnya pak Emil Dardak," celetuk sebuah suara.  

Kedatangan Wagub Jatim berusia muda dan memang berwajah rupawan ini merupakan salah satu yang ditunggu-tunggu. Pun, di booth kolaboraksi Ladesiana dan RTC, di gelaran Indonesia Community Day (ICD) Malang, 5 Agustus 2018.

Emil E Dardak, Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih, membaca sebuah puisi di booth kolaboraksi Ladiesiana dan RTC, di ajang ICD 2018 (dok.windhu)

Sejak diumumkan lolos menjadi salah satu komunitas peserta ICD dan melihat foto-foto kedatangannya di kantor Kompasiana yang dibagikan di Facebook oleh para adminnya, niat agar wakil gubernur cerdas dan penuh talenta ini bisa mampir di booth komunitas Ladiesiana & RTC tersembul.

Maka, kehadiran mantan Bupati Trenggalek ini sangat disayangkan jika berlalu tanpa baca puisi. Bukan sebuah kebetulan jika bentuk kolabroraksi yang diambil dua komunitas, yakni Ladiesiana dan RTC adalah membaca puisi.

Tepatnya, lomba mencipta dan membaca puisi bertema perempuan bagi para peserta yang ikut. Jadi, suatu hal yang sesuai sekali jika Emil, pasangan gubernur Jatim Khofifah Indar Pariwansa itu dapat berpuisi. Tak perlu banyak. Cukuplah sebuah puisi saja.

Hal itu menjadi nyata begitu usai mengunjungi booth pertama, Emil Dardak yang didampingi COO Kompasiana Nurulloh, langsung menuju booth kolaboraksi Ladiesiana & RTC.

Melihat isi booth dan bertanya mengenai kegiatan. Disitulah kemudian permintaan perempuan-perempuan yang  memadati booth kemudian memintanya berpuisi. "Pak Emil, baca puisi dong!

Emil Dardak membaca puisi (dok.windhu)

Emil sempat berkata tidak membawa buku puisi. Namun, kemudian bersedia dan tak berkeberatan untuk membaca sebuah puisi dari buku Rampaian Puisi Apresiasi  RTC, yang ditulis oleh para sahabat  rumpies.

Puisi Ikhwanul Halim berjudul Mencintai Ratu Pantai Selatan, yang ditulis di Bandung 13 Maret 2016 itulah yang kemudian dibacanya.  Emil Dardak pun agaknya tahu cara menyenangkan komunitas booth, tempatnya membaca puisi. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline