Lihat ke Halaman Asli

riap windhu

TERVERIFIKASI

Perempuan yang suka membaca dan menulis

Macao, Pahatan Unik Wajah Sejarah, Budaya, dan Kuliner Eropa di Asia

Diperbarui: 28 Desember 2017   00:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Reruntuhan gereja St.Paul yag menjadi ikon kota Maco (http://id.macaotourism.gov.mo)

Sebuah wilayah selalu memiliki sejarah yang mengiringi pertumbuhannya. Begitupun halnya dengan Macao, sebuah daerah administrasi khusus Republik Rakyat Tiongkok.  Jejak langkah Portugis yang mendarat sejak abad ke-16, terpahat jelas melalui  bangunan-bangunan bersejarah hingga kuliner, yang kini menjelma sebagai destinasi wisata unik perpaduan Barat dan Timur.  

 

Percikan-percikan kembang api  memijar di langit malam. Penampilan

spektakuler warna warni yang bisa dinikmati di banyak titik pandang di Semenanjung Macao dan Pulau Taipa, begitu memikat.  Kontes tahunan pertunjukan kembang api Internasional yang digelar setiap tahunnya di shorefront Macau Tower, telah mengundang banyak perhatian berbagai negara Eropa.

Sebentar lagi tahun baru. Pijaran kembang api selalu menandai pergantian tahun pasti akan ada juga di langit Macao. Tepatnya saat tengah malam di Sungai Nam Vam menyambut datangnya tahun baru. Hiburan malam yang meriah di kawasan yang berbatasan langsung dengan Hongkong.

Pijaran-pijaran kembang api selalu terbayang di depan mata. Mengingatkan akan Macao dan terekam di ingatan, meski saya hanya melihatnya melalui  tayangan video yang diputar.

Suatu saat saya harus kesana. Cerita rekan kerja yang mendapatkan bonus perjalanan ke Macao beberapa tahun lalu dan foto-foto yang mengabadikannya terlihat menarik. Begitupun halnya dengan tulisan-tulisan di koran ataupun di blog para travel blogger yang sudah pernah mengunjungi.

Geliat Macao yang terus berbenah diri semakin nyata. Macao yang saat ini menjadi bagian dari wilayah kekuasan Cina sejak tahun 1999, tak henti menunjukkan memikatnya wisata heritage bangunan kuno. Terlebih dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia dari United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Macao Government Tourism Office cukup gencar memperkenalkan Macao sangat layak dijadikan destinasi turisme. Sebagai wisata yang unik dan berbeda karena wisatawan dapat menikmati perpaduan budaya barat dan timur.  

Beragam festival, setiap tahunnya digelar di Macao. Sebut saja beberapa di antaranya, yakni  Macao International Fireworks Display Contest, mid autumn festival, Internatiiomal music festival, Lusofonia festival, Macau food festival, dan Macau City Fringe Festival. Bahkan, hingga event balapan Macao Grand Prix dan Marathon International.

Sumber : http://id.macaotourism.gov.mo

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline