Tantangan dalam menjalankan sebuah usaha kuliner, bukan hanya terletak pada awal memperkenalkan nama, bentuk, dan rasa produk yang dihasilkan. Menjangkau pasar lebih luas dengan jumlah konsumen yang merasakan manfaat produk lebih banyak, menjadi titik pemacu semangat agar selalu berinovasi.
Produksi abon ikan cakalang Nacha yang semula diawali hanya berdasarkan pesanan dan dikerjakan di rumah dengan peralatan seadanya, telah berkembang. Keputusan Nike Lidiyastuti meninggalkan kerjaan kantoran untuk menjalani total usahanya sejak tahun 2012, telah membuat Nacha dikenal di seluruh kota Ambon.
"Sudah tidak ada lagi satu toko atau tempat pun di Ambon, yang belum pernah saya masuki abon ikan Cakalang Nacha," kata Nike Lidiyastuti Aritovani (34), peraih Danamon Entrepreneur Awards (DEA) 2017, kategori Best Small Entrepreneur, saat dihubungi penulis.
Usaha abon ikan cakalang Nacha Ambon dirintis Nike pada tahun 2009 karena melihat masih minimnya olahan ikan cakalang di Ambon. Selama ini, konsumsi ikan cakalang lebih banyak secara utuh dan segar. Padahal Laut Maluku sangat terkenal dengan kekayaan sumber daya ikan yang berlimpah.
Nike menangkapnya sebagai peluang. Ikan cakalang yang selalu ada sepanjang tahun diolah menjadi abon dalam kemasan siap saji dan praktis. Menghadirkan manfaat ikan cakalang yang mengandung Zat besi, Vitamin A, D dan E serta Omega 3 sebagai penganan yang mudah didapatkan dan mudah dibawa.
Kini, abon ikan cakalang Ambon Nacha yang sehat, dapat dinikmati oleh anak-anak hingga orang tua di berbagai lokasi. Bahkan, ibu hamil dapat memenuhi kebutuhan pembentukan sel pembuluh darah dan jantung pada janin.
Tidak ingin berpuas diri hanya di Ambon, Nike lantas memperluas jaringan ke sejumlah daerah timur Indonesia. Hingga kini, abon ikan cakalang Nacha telah dipasarkan ke 6 kota, yaitu Ambon, Makassar, Nabire, Surabaya, Denpasar dan Manado.
Pemasaran dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari sistem reseller, sistem titip jual konsinyasi, hingga menempatkannya di rak penjualan enam carrefour dan hypermarket di kawasan timur Indonesia. Selain itu, juga mengikuti pameran-pameran, melalui Facebook, dan toko online.
Cukupkah? Ternyata belum. Nike ingin abon ikan cakalang Nacha bisa menasional dan dengan mudah ditemukan di seluruh Indonesia. Mulai tahun 2018, rencananya abon ikan cakalang Nacha sudah bisa didapatkan di pusat perbelanjaan carrefour Jakarta.
Tak hanya itu, Nike memiliki keinginan besar selain menasional, abon ikan cakalang asal Ambon mampu menembus pasar ekspor ke sejumlah negara di dunia. Itu ambisi yang ingin dicapai oleh Nike Lidiyastuti.
Abon Lokal Standar Ekspor