Melamar kerja dan diterima kerja merupakan salah satu idaman setiap kandidat pelamar kerja atau setiap orang, untuk itu untuk mewujudkan hal tersebut maka kita tidak segan-segan untuk menampilkan hal terbaik dari sisi diri kita masing-masing. Namun terkadang itu semua tidak terjadi sesuai dengan apa yang kita perkirakan dan rencanakan. Terkadang apa yang kita yakini tidak selaras dengan apa yang dipertimbangkan dan diputuskan oleh pihak personalia perusahaan selaku pemberi keputusan berkarier dimana kita sedang melamar kerja.
Berikut adalah tips efektif dalam melamar kerja dimulai dari membuat surat lamaran
1. Kertas berwarna netral
2. Jenis dan ukuran front Standar, ukuran kertas A4
3. Surat lamaran dan Daftar Riwayat Hidup diketik rapi, ringkas dan jelas
- Cantumkan posisi yang dituju
- Cantumkan tanggal surat dan tanda tangan
- Bahasa mudah dipahami
- Cantumkan alamat tempat tinggal dan no. Telp yang mudah dihubungi
Hal yang perlu diperhatikan saat membuat Daftar Riwayat Hidup yaitu:
1) Personal data
2) Pendidikan formal
3) Pendidikan Non Formal/Traning
4) Keahlian khusus dan pengalaman Organisasi
5) Pengalaman kerja dan Job Descriptions