Lihat ke Halaman Asli

Riani Puji

Mahasiswa

Pentingnya Materi Isu Global dalam Bidang Ekonomi Terkait Pembelajaran IPS SD

Diperbarui: 25 Mei 2022   20:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sejarah munculnya Mata Pelajaran IPS di Indonesia
Di Negara  Indonesia banyak dipengaruhi oleh ilmu-ilmu sosial yang berkembang dimasyarakat yang berbentuk terpadu, seperti : sejarah, geografi,ekonomi . 

Pertama kali mata pelajaran IPS diperkenalkan oleh seorang pakar IPS pada tahun 1969 yaitu oleh ibu Prof.Dr.Soepartina, kemudian pada tahun 1971 Ips  dimasukkan pada buku induk Depdikbud.  

Diresmikannya  mata pelajaran IPS  itu bersamaan dengan munculnya kurikulum tahun 1975 .

Dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi  yang sangat dinamis   membuat pembelajaran mengalami ketertinggalan dengan daerah lain,untuk itu IPS merupakan salah satu sarana pengetahuan yang mampu menyinkronkan laju perkembangan dalam dunia pendidikan dengan yang terjadi pada suatu zamannya.

Isu Global Dalam Bidang Ekonomi

Artikel ini membahas tentang salah satu isu global yaitu dalam bidang ekonomi yangmana adanya globalisasi menyebabkan munculnya ketidaksetaraan atau kesenjangan ekonomi yang terjadi diantara individu dengan kelompok ,atau antar negara.

Dapat diartikan bahwa kesenjangan ekonomi merupakan perbedaan yang terkait dengan pendapatan, kekayaan,,serta pemisah antara yang kaya dan miskin,adanya ketidaksetaraan ekonomi ini menjadi perhatian khusus bagi Forum Ekonomi Dunia

Menurut penelitian Asian Development Bank (ADB) terjadinya ketidaksetaraan ekonomi bisa berdampak pada penghambatan memberantas kemiskinan yang terjadi diIndonesia. Namun ,sampai saat ini upaya pemerintah dalam memberantas kemiskinan belum terlaksana dengan baik. Berikut penjelasan   yang dapat mendukungnya :


1.Pada Faktanya 99% Dan 1%
Di Negara Amerika Serikat permasalahan ketidaksetaraan ekonomi menimbulkan argument bahwa ekonomi 99 % untuk 1 %,yangmana artinya 1% orang terkaya didunia ,mampu memiliki kekayaan yang jumlahnya  dapat ditotal dengan kekayaaan  99% penduduk didunia.

Agar hal tersebut dapat diminimalisir sebaiknya pemerintah negara dengan perusahaan memberikan kompensasi  kepada tenaga kerja  yang asuransi kesehatannya tidak ditanggung oleh perusahaan ,metode pembayarannya dengan  menyesuaikan kinerjanya dan apa yang diperintahkan .


2.Memenuhi Kebutuhan Kaum Elit
Dapat dilihat dari tujuannaya bahwa bisnis dan perusahaan merupakan aksiologinya untuk mencapai estimologi pada masyarakat ,namun pada kenyatannya perusahaan diindonesia banyak yang melayani kaum kapitalis teratas dan akhirnya kurang bermanfaat untuk masyarakat biasa maupun menengah.

Jadi, agar hal tersebut bisa dicegah ,seharusnya pemerintah mampu bersikap adil ,artinya kaum elit dapat dimaanfaatkan untuk mengembangkan ekonomi negara dan  masyarakat  dapat ikut serta dalam proses tersebut sehingga membuat masyarakat diberlakukan adil .


3.Pemerasan pekerja dan produsen
Persoalan ini banyak terjadi pada perusahaan yang besar,yangmana pendapatan kelompok elit lebih semakin meningkat sedangkan pekerja serta produsennya pendapatannya semakin menurun dan terjadi kesenjangan pada permasalahan ekonomi,dan menyebabakan ketidakstabilan ekonomi dinegara.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline