Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, khususnya Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Program Studi Administrasi Niaga memberian tugas Magang kepada mahasiswa sebagai salah satu syarat kelulusan program sarjama. hal tersebut dilakukan guna untuk membekali para mahasiswanya dengan pengalaman, keterampilan dan pengetahuan lingkungan kerja agar siap untuk menjadi lulusan yang siap kerja dengan skil dan kemampuan yang baik. Magang adalah proses penerapan pengetahuan atau kompetensi dari dunia pendidikan ke dunia kerja secara di mana pemagang bisa memahami sistem kerja dunia profesional yang sebenarnya.
Menurut undang-undang, magang adalah bagian dari salah satu pelatihan kerja yang terselenggara di sebuah perusahaan. Dasar hukum yang mengatur tentang magang adalah Undang-undang No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan pasal 21 – 30 di UU. Selain itu, magang juga diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi no. Per.22/Men/IX/2009 yang juga membahas pemagangan ini secara spesifik di dalam negeri.
seperti halnya yang dilakukan oleh Riangga Yudis Syarli Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang melakukan kegiatan magangnya di PT. Antika Raya Surabaya dengan judul "Manajemen Inventory PT. Antika Raya Surabaya."
PT. Antika Raya Merupakan perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur pembuatan karoseri kendaraan pengangkut barang. produk dari PT. Antika Raya antara lain seperti kendaraan pemadam kebakaran, arial platorm, box catering, dump truk, k, container sampah dan masih banyak lagi. PT. Antika Raya menerapkan standar kerja tinggi yang mengutamakan efisiensi dan efektifitas tenaga kerja, kontrol kualitas produk yang ketat. Salah satu Standar Internasional yang sudah diterapkan Antika Raya adalah IS0 9001:2008 mengenai Manajemen Mutu yang berorientasi pada Kepuasan Pelanggan, tersertifikasi sejak Juli 2010 dan sekarang telah diperbarui menjadi IS0 9001:2018 untuk Standart Mutu kepuasan Pelanggan. Dengan Visi Menjadi Karoseri Kendaraan Niaga Terbesar Di Indonesia Dan Menjadi Regional Player Di Asia Tenggara.
Dalam pelaksanaan magang tersebut Riangga nama panggilannya melakukan magang di bagian departemen inventory, hal tersebut dikarenakan di dalam departemen tersebut salah satu bagian penting yang hampi ada di semua perusahaan serta memiliki peran penting karena sangat erat kaitannya dengan stock barang baku, selain itu juga, bagian tesebut penting karen harus dapat menghitung kebutuhan material yang dibutuhkan untuk produksi dan hal tersebut juga membuat departemen inventory harus dapat bekerjasama dengan departemen lain seperti dengan departenem Purchasing. Departemen Inventory PT. Antika Raya merupakan bagian yang memiliki tugas pokok secara garis besar 3M (menerima, menyimpan dan mengirim).
Dalam kegiatan magang yang dilakukan selama 2 bulan di PT. Antika Raya Surabaya, selaku peserta magang mendapatkan banyak sekali pengalaman baru yang didapat oleh Riangga dalam menghadapi dunia dan tantangan dalam pekerjaan maupun ilmu serta relasi baru yang tentunya sangat berharga dan bermanfaat. manfaat tersebut antara lain adalah sebagai berikut
- Meningkatkan wawasan terkait dunia pekerjaan terutama di bidang industri manufaktur bagian inventory.
- Mendapat pengalaman terkait cara kerja maupun sistem yang diterapkan di perusahaan tempat magang.
- Mendapat ilmu baru terkait menejemen perusahaan.
- Menambah keterampilan.
- Mengetahui standart operasional prosedur yang baik serta terstruktur secara rapi.
- Mampu untuk meningkatkan ketelitian, disiplin, inisiatif dan profesionalitas dalam bekerja.
Selama proses magang banyak manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan tersebut bagi mahasiswa dalam hal pengenalan dan pengetahuan wawasan terkait dunia kerja dan sistem menejemen sebuah perusahaan. Dengan adanya kegiatan ini mahasiswa dapat menambah pengalaman dan keterampilan kerja, guna diharapkan untuk bisa serta mampu beradaptasi sebelum terjun ke dunia kerja maupun persaingan bisnis. Dari kegiatan ini mahasiswa dituntut untuk mampu meniti karir dengan sukses setelah lulus dengan siap dan mengimplementasikan hal fundamental dalam bekerja yakni profesionalitas, disiplin, terampil, berinisiatif tinggi, dan memiliki attitude yang baik agar mampu menjadi bagian yang memajukan perekonomian Bangsa.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H