Lihat ke Halaman Asli

Rianda Shafa Rizki

Hotel Student

Kuliah Gratis Tanpa Mengeluarkan Uang Sepeser pun di STP Trisakti

Diperbarui: 6 Agustus 2021   21:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Halo, apa kabar? Semoga kalian sehat selalu ya.

Sebelumnya saya mau memperkenalkan diri saya terlebih dahulu, nama saya Rianda Shafa Rizki, saya lahir di Jakarta, namun sekarang saya tinggal di Kota Tangerang. Saya merupakan mahasiswa di Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti jurusan Pengelolaan Perhotelan. Yup, seperti yang sudah kalian lihat di judul, saya kuliah di STP Trisakti gratis 100% tanpa mengeluarkan uang Rp. 1 pun, dari awal masuk sampai lulus.

"Kok bisa? Pakai beasiswa ya?"

Betul sekali! Saya merupakan penerima Beasiswa Unggulan Kemendikbud tahun 2018.

"Kok bisa dapet beasiswa dari Kemendikbud? Gimana caranya?"

Nah, sekarang saya mau cerita perjalanan saya untuk bisa kuliah gratis di STP Trisakti dengan Beasiswa Unggulan atau yang sering disingkat menjadi BU.

Cerita ini bermula pada saat saya duduk di kelas 12 semester pertama, pada saat itu saya baru saja naik ke kelas 12. Pada pertengahan tahun 2017, saya menjadi kandidat untuk pemilihan siswa (seleksi) di sekolah untuk mencari siswa yang akan mewakili SMKN 3 Tangerang pada LKS SMK se-Provinsi Banten.

"Apasih LKS itu?"

Menurut Wikipedia, LKS adalah kompetisi tahunan antar siswa pada jenjang SMK sesuai dengan bidang keahlian yang diajarkan di SMK. LKS ini setara dengan OSN yang diadakan di SMP/SMA. Pemenang LKS tingkat Nasional akan mewakili Indonesia ke ASEAN Skills dan World Skills International Competition.

Lanjut cerita, di awal tahun 2018 saya mengikuti seleksi yang diselenggarakan di sekolah dan saya menjadi perwakilan SMKN 3 Tangerang untuk mengikuti LKS SMK bidang lomba Hotel Accommodation tingkat Provinsi Banten. Untuk bidang lomba Hotel Accommodation itu sendiri terdapat beberapa aspek penilaian, yaitu make up room, towel art dan hotel & tourism interview.

Sekitar bulan Maret 2018 saya mengikuti LKS SMK tingkat Provinsi, dan Alhamdulillah saya menjadi juara 1 yang otomatis menjadi perwakilan Provinsi Banten untuk mengikuti LKS SMK tingkat Nasional yang diadakan di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Nah mulai dari sini, saya tau informasi Beasiswa Unggulan Kemendikbud yang saya dapatkan melalui STP Trisakti.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline