Lihat ke Halaman Asli

Rianblackcross

Just for blogging, And enjoy read my content.

Tips untuk Pengembangan Game yang Lebih Baik Lagi

Diperbarui: 29 November 2022   09:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Source Image : Freepik

Game melampaui setiap jenis aplikasi lainnya di Google Play Store, App Store, Steam, dan lain-lain yang merupakan lebih dari 20% dari hampir 2 juta aplikasi yang tersedia. Maka, tidak mengherankan untuk mengetahui bahwa perusahaan melompati pengembangan game onboard.

Terlebih lagi, bahkan bisnis yang tidak ada hubungannya dengan pasar game di masa lalu ingin masuk ke ceruk pasar. Ini bukan hanya tentang membuat game yang menyenangkan ini juga tentang melibatkan pengguna, menarik konsumen baru, dan mengarahkan mereka.

Namun, berdiri di tengah lautan pesaing sangatlah sulit. Bagaimana Anda bisa membedakan game Anda? Mulailah dengan tips ini.

Berfokus pada Pengguna

Sebelum mulai membuat aplikasi, kembangkan ide yang jelas tentang siapa target pengguna Anda. Akan sangat membantu untuk membuat persona tentang tipe orang yang akan tertarik pada game Anda. Selain itu, Anda harus melakukan riset pasar tentang keinginan, kesukaan, dan kebutuhan audiens target Anda, sehingga Anda dapat membuat produk yang merespons minat tersebut dan meningkatkan pengalaman pengguna (UX).

Teliti Game Anda dan Persaingannya

Selain menunjukkan dengan tepat minat dan keinginan pengguna target Anda yaitu calon gamer Anda harus mempertimbangkan kondisi pasar itu sendiri. Ide apa yang sedang populer saat ini? Jenis game apa yang telah bertahan dalam ujian waktu? Apa yang sedang dilakukan pesaing Anda?

Anda pasti ingin meneliti seluk beluk industri game untuk lebih memahami iklim dan jenis produk yang cenderung berhasil, serta produk yang pasti gagal untuk memastikan produk Anda tidak menjadi salah satunya.

Bisa Membuat Beda Dari Game Lain

Sekarang setelah Anda memahami pesaing dan audiens Anda sendiri, Anda juga harus mengidentifikasi cara untuk membedakan game Anda dari produk yang sudah mapan dan juga pendatang baru. Seperti yang mungkin Anda ketahui, pasar game sangat besar dan sangat ramai, jadi visi Anda untuk aplikasi Anda harus menawarkan sesuatu yang tidak dimiliki oleh pesaing Anda, elemen yang tidak dapat ditemukan oleh gamer di tempat lain atau formula familiar dengan sentuhan yang bagus.

Memiliki Elemen Pengalaman yang Berbeda dalam Pikiran

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline