Lihat ke Halaman Asli

YUSRIANA SIREGAR PAHU

TERVERIFIKASI

GURU BAHASA INDONESIA DI MTSN KOTA PADANG PANJANG

Ingin Tetap Dihargai Siswa Meski Usia Bertambah

Diperbarui: 20 Oktober 2024   20:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Murid sedang belajar: Foto dokpri Yusriana

Pagi itu, suara kokok ayam tetangga menyelinap masuk melalui celah-celah jendela kamar Ibu Widia. Menandakan pukul 04.00 dini hari. Ia sudah terbiasa bangun pagi meski tubuhnya tak lagi sekuat dulu. Ia akan shalat Tahajjud dan witir.

Dengan perlahan, ia bangkit dari ranjang. Ia menyibak selimut dan menurunkan kedua kakinya ke lantai dingin. Senyum kecil tersungging di wajahnya saat menyadari hari itu adalah hari yang ia tunggu-tunggu. Anak-anaknya di sekolah akan datang sebagai murid baru.

Sambil berjalan perlahan ke toilet, Bu  Widia mengingat murid barunya. Akankah murid baru itu akan menghargainya? Begitu juga anak-anaknya.

Menjaga Penghargaan Anak dan Mueid Seiring Bertambahnya Usia

Memang  seiring bertambahnya usia, seseorang sering kali merasakan banyak kehilangan, termasuk penghargaan dari orang-orang terdekat, seperti keluarga dan anak-anak.

Proses penuaan secara alami membawa penurunan fisik dan kemampuan diri, yang bisa membuat seorang individu merasa kurang dihargai lagi. Namun, ada juga orang-orang yang tetap mendapatkan penghargaan tinggi dari anak-anak dan murid-muridnya meskipun usia mereka bertambah.

Fenomena ini menimbulkan pertanyaan: apa yang membuat seseorang tetap dihargai oleh anak-anak dan murid-muridnya di usia lanjut?

Salah satu faktor kunci yang memengaruhi penghargaan ini adalah:

1.  Kebiasaan guru belajar sepanjang hayat 

Orang yang terus belajar dan beradaptasi dengan perubahan zaman menampilkan diri sebagai pribadi yang fleksibel dan terbuka terhadap hal-hal baru. Di dunia yang selalu berubah, kemampuan untuk mengikuti perkembangan dan memperbarui diri sangat dihargai.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline