Lihat ke Halaman Asli

YUSRIANA SIREGAR PAHU

TERVERIFIKASI

GURU BAHASA INDONESIA DI MTSN KOTA PADANG PANJANG

Kaesang Pangarep Mewakili Anak Muda Terjun ke Dunia Politik

Diperbarui: 1 Oktober 2023   14:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Dok. Detikcom/Agil Trisetiawan Putra

Wow! Keren. Itulah kata pertama yang terlontar di benak saya ketika membaca notifikasi di akun saya. Kaesang Pangarep. Putra orang nomor satu di negara ini, terjun ke dunia politik.

Kita pasti tak kagetlah. Malah ngedukung banget. Bak pepatah. "Air cucuran atap jatuhnya ke pelimbahan juga" atau"Buah jatuh tak jauh dari pohonnya" Artinya sifat anak tidak jauh dari orangtuanya.

Air cucuran atap jatuhnya ke pelimbahan jugapun artinya bahwa karakter seorang anak menurun dari orangtuanya. Karakter bisa berupa sifat, perilaku, tabiat, hobi, dan segala hal, baik sengaja maupun tidak sengaja, telah dicontohkan oleh kita orangtua kepada anak.

Ayahnya Presiden, wajar juga bila Kaesang pun ingin menjadi seperti sang Ayah. Yang ngaku anak muda pastilah setuju dengan keputusan Kaesang. Ada nggak sih di antara kita yang ingin terjun ke bidang politik? Pastilah ada. Misalnya masuk partai atau ikut pencalonan jadi anggota dewan.

Dahulu, berdasarkan jajak pendapat Litbang Kompas Agustus 2022, memang ada data bahwa lebih dari separuh anak muda 17-35 tahun jarang mengikuti pemberitaan politik. Terkesan tak peduli gitulah. Mengapa demikian? Masih terkait rendahnya minat baca anak muda kita.

Bahkan 19% di antaranya mengaku tidak pernah menonton, mendengar, atau membaca pemberitaan politik. Beda banget dengan bola dan drakor bukan? Dua tontonan ini pasti ditunggu dan ditongkrongin.

Tapi, Kaesang Pangarep bukanlah satu-satunya juga lho anak muda yang berpolitik. Mulai ada banyak generasi muda kita yang mulai tertarik menapaki dunia period dengan pesta 5 tahun sekali itu.

Ya, saya sudah prediksi dan mengira kok bahwa sosok kalem tetapi dikenal gemar bergurau dan banyak berkiprah sebagai wirausaha itu, akhirnya masuk panggung politik juakan? Tak main-main langsung jadi ketua umum partai PSI, lagi! Keren bukan.

Semua heboh. Kehadiran Kaesang lantas menarik atensi berbagai pihak. Sebetulnya langkah ini sudah dicontohkan Ibu Megawati dari Ayahandanya Bung Karno. Ia aktif di partai berlambang banteng itu. Mulai pula ditularkan kepada putri beliau Puan Maharani.

Megawati mencapai puncak karir politik sebagai Ketum PDIP lalu menjabat Presiden. Kini putri beliaupun mencapai puncak karirnya sebagai Ketua DPR RI.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline