Lihat ke Halaman Asli

YUSRIANA SIREGAR PAHU

TERVERIFIKASI

GURU BAHASA INDONESIA DI MTSN KOTA PADANG PANJANG

Tari Galombang Selalu Dinanti

Diperbarui: 10 Juni 2023   02:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Tari Galombang atau Tari Gelombang tentu tak asing buat kita masyarakat Sumatera Barat. Tari ini adalah salah satu seni tari tradisonal Minangkabau. Tari yang berkembang di berbagai daerah di provinsi Sumatra Barat, Indonesia.

Pertunjukan seni tari ini merupakan salah satu atraksi yang biasanya muncul dalam acara di sekolah saat menerima tamu, di pesta pernikahan adat Minang,  serta menjadi pencuri perhatian di acara-acara tertentu.

Demikian juga hari itu, Kamis, 8 Juni 2023 lalu,  di MTsN Padang Panjang digelar tari ini. Bejubellah siswa kelas 9, guru, para tamu undangan, dan orang tua.

Mereka menyaksikan tarian ini. Tarian daerah nan cantik ini memang andalan di sekolah ini saat acara perpisahan. Tak pernah bosan disuguhi tarian ini.

Dokpri

Ya begitu anggun siswi MTsN menarikan tarian gelombang ini. Paduan kostum nan serasi. Make up yang senada dengan baju tari, lenggang-lenggok nan gemulai. Senyum manis dari bibir mereka para penari. Ya, semua itu menghipnotis kami penonton. 

Wajarlah bila tari ini dulunya diperuntukkan guna mencuri perhatian pemirsa di acara seperti perpisahan itu. Tari gelombang sudah dikreasikan dengan silek Minangkabau dan pasambahan sacabiak sirih.

Penari sunting menuju pejabat penerima/pancabiak sirih. Dokpri

MTsN Kota Padang Panjang memang pada Kamis itu (08/06/2023) menggelar pembukaan perpisahan peserta didik kelas IXnya. Acara ini rutin diadakan untuk serah terima anak lulusan dan pelepasan lulusan dari madrasah kepada orangtua mereka.

Pembukaan yang bertempat di halaman madrasah itu menampilkan beberapa persembahan ekstrakurikuler berupa seni dari siswa- siswi di antaranya Seni Tari kreasi, Galombang yang dipadukan dengan silek dan pasambahan.

Kemudian dilanjutkan acara di Masjid Al Mukhlisin MTsN Padang Panjang itu. Tamu undangan pada perpisahan dan pelepasan ini dihadiri oleh Kakankemenag Kota Padang Panjang, diwakili oleh Pengawas Pendidikan Madrasah Bapak Agus Nasution M.Ag. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline