Lihat ke Halaman Asli

YUSRIANA SIREGAR PAHU

TERVERIFIKASI

GURU BAHASA INDONESIA DI MTSN KOTA PADANG PANJANG

Puasa untuk Allah dan Balasan untuk yang Berpuasa

Diperbarui: 1 April 2023   06:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto by Alif. ID

"Puasa itu untuk-Ku dan Aku-lah yang akan membalasnya.” Begitu kata Allah  dalam sebuah hadist.

Diriwayatkan oleh Bukhari, 1761 dan Muslim, 1946

عن أَبي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قال : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : قَالَ اللَّهُ : كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ لَهُ إِلا الصِّيَامَ فَإِنَّهُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ

Facebook.com

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu berkata, Rasulullah Shallallahu’alai wa sallam bersabda, “Allah berfirman, ‘Semua amal anak Adam untuknya kecuali puasa. Ia untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya.”

Ya, saat semua amal kita untuk Allah dan Dia yang akan membalasnya, maka para ulama berbeda pendapat dalam firman-Nya, ( الصيام لي وأنا أجزي به  = “Puasa untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya“). Mengapa puasa dikhususkan?

Padahal pada dasarnya semua amal perbuatan baik kita untuk Allah Azza wa Jalla dan memang hanya Dia-lah yang akan bisa atau kuasa membalasnya. Inilah alasan puasa diistimewakan oleh Allah Azza wa Jalla. 

Pertama,  puasa merupakan ibadah yang tidak ada unsur riya, sebagaimana yang terjadi pada ibadah lainnya.

Riya diartikan memamerkan atau flexing amal, ibadah, atau prestasi yang kita miliki atau lakukan kepada orang lain dengan tujuan mendapat pujian dan penghargaan dari orang lain.

Riya ini merupakan perbuatan hati yang tercela. Riya dianggap sebagai asy-syirk al-ashgar (syirik kecil) kepada Allah karena membuat orang sombong. Sedang kita dilarang sombong.

Kedua, puasa yang dimaksud dengan “dan Aku-lah yang akan membalasnya,” nya pada kata membalasnya adalah puasa. “Hanya Aku-lah (Allah) yang mengetahui besarnya balasan kepada orang berpuasa dan berapa banyak kebaikan yang dilipatgandakan untuk orang yang berpuasa.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline