Lihat ke Halaman Asli

YUSRIANA SIREGAR PAHU

TERVERIFIKASI

GURU BAHASA INDONESIA DI MTSN KOTA PADANG PANJANG

Istilah pada Kurikulum Merdeka yang Perlu Dikulik Para Guru

Diperbarui: 13 Februari 2023   22:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi projek IPS Kreatif siswa: dokpri

Dikulik dari persfektif kekinian, Kurikulum Merdeka, sedikit ada perubahan beberapa istilah. Istilah yang mengalami perubahan namun, secara prinsip dan kontennya hampir sama. Kita mesti pelan-pelan mencoba memahami istilah-istilah ini seiring berjalannya waktu.

Apa yang ada pada kurikulum merdeka ini harus diperhatikan dan diketahui oleh seluruh guru, supaya tidak gagap saat menerapkan Kurikulum Merdeka di satuan pendidikan masing-masing.

Di antara istilah itu sebagai berikut :

Pertama, Capaian Pembelajaran (CP)

Capaian Pembelajaran atau sering disingkat CP, lebih identik sebagai pengganti KI dan KD dalam kurikulum 2013 (Kurtilas).

Format Capaian Pembelajaran tak ada lagi pemisahan antara aspek kognitif, psikomotor, dan afektif seperti dalam KI dan KD Kurtilas. Semua aspek diintegrasikan ke dalam satu paragraf utuh.

Capaian Pembelajaran disusun berdasarkan pembagian fase. Setiap fase merupakan deskripsi mencakup kognitif, psikomotor, serta kompetensi umum. Kemudian diturunkan menjadi capaian pembelajaran. CP disusun menurut elemen yang dipetakan berdasarkan perkembangan siswa.

Kedua,  Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Kurtilas mngenal silabus. Istilah dalam ilmu keguruan serta relevansi silabus dalam Kurikulum Merdeka adalah Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah rangkaian tujuan pembelajaran. Tersusun sistematis dan logis, menurut urutan pembelajaran dari awal hingga akhir suatu fase.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline