Dikulik dari persfektif kekinian, Kurikulum Merdeka, sedikit ada perubahan beberapa istilah. Istilah yang mengalami perubahan namun, secara prinsip dan kontennya hampir sama. Kita mesti pelan-pelan mencoba memahami istilah-istilah ini seiring berjalannya waktu.
Apa yang ada pada kurikulum merdeka ini harus diperhatikan dan diketahui oleh seluruh guru, supaya tidak gagap saat menerapkan Kurikulum Merdeka di satuan pendidikan masing-masing.
Di antara istilah itu sebagai berikut :
Pertama, Capaian Pembelajaran (CP)
Capaian Pembelajaran atau sering disingkat CP, lebih identik sebagai pengganti KI dan KD dalam kurikulum 2013 (Kurtilas).
Format Capaian Pembelajaran tak ada lagi pemisahan antara aspek kognitif, psikomotor, dan afektif seperti dalam KI dan KD Kurtilas. Semua aspek diintegrasikan ke dalam satu paragraf utuh.
Capaian Pembelajaran disusun berdasarkan pembagian fase. Setiap fase merupakan deskripsi mencakup kognitif, psikomotor, serta kompetensi umum. Kemudian diturunkan menjadi capaian pembelajaran. CP disusun menurut elemen yang dipetakan berdasarkan perkembangan siswa.
Kedua, Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
Kurtilas mngenal silabus. Istilah dalam ilmu keguruan serta relevansi silabus dalam Kurikulum Merdeka adalah Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah rangkaian tujuan pembelajaran. Tersusun sistematis dan logis, menurut urutan pembelajaran dari awal hingga akhir suatu fase.