Lihat ke Halaman Asli

YUSRIANA SIREGAR PAHU

TERVERIFIKASI

GURU BAHASA INDONESIA DI MTSN KOTA PADANG PANJANG

Berikut 5 Tips agar Bahagia, Salah Satunya Tuntut dari Diri Sendiri Bukan dari Orang Lain

Diperbarui: 9 Januari 2023   17:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi bahagia:liputan6.com

Bahagia itu sederhana, begitu kata orang. Mengatakan saja mungkin mudah. Nyatanya banyak yang masih kesusahan untuk merasa bahagia. Mendatangkan perasaan bahagia pada diri sendiri itu ternyata tidak gampang. Kadang galau dan gundah masih datang menyapa, itu pula kata sebagian lagi.

Tak semua orang lo susah bahagia. Ada banyak juga orang yang bisa merasakan kebahagiaan justru dengan cara sederhana. 

Dari sekian banyak populasi di bumi dan dari sekian banyak negara di dunia ini, Finlandia menempati peringkat pertama sebagai negara paling bahagia di dunia ini selama lima tahun berturut-turut menurut berdasarkan laporan salah satu majalah dunia.

World Happiness Report, melayangkan item penilaian kepada penduduk dengan mengambil sampel dari 156 negara di dunia diminta mereka untuk menilai hidup mereka mulai dari skala 0 hingga 10.

Skala 0 untuk nilai terburuk atau tak bahagia, sementara skala 10 untuk nilai tertinggi atau kategori sangat bahagia. Banyak faktor yang bisa membuat orang mudah bahagia. Mulai dari hal-hal kecil dan setiap inci dalam dirinya dia syukuri dan merasa sangat beruntung.

Bahkan untuk menghela nafas saja bisa jadi alasan bagi seseorang untuk merasa bahagia. Luar biasa banget, bukan? Yuk berbagi 5 tips berikut yang bisa bikin kita bahagia.

Pertama, bersyukur dengan tak membandingkan diri dengan orang lain

Tak pernah memamerkan kekayaan yang dimiliki kepada orang lain. Terbiasa berperilaku hidup sederhana. Memegang teguh pepatah "Kell' onni on, se onnen kätkeköön," dengan arti "Jangan bandingkan apalagi sombongkan kebahagiaan Anda."

Prinsip itulah pertama kebahagiaan. Meyakini dengan fokus apa yang membuat diri kita bahagia saja. Jangan pikirkan orang lain. Jangan sekalipun ingin pamer akan kesuksesan kepada siapapun. Nikmati saja.

Kebahagiaan yang dirasakan itu akan tercermin tulus saat berhadapan dengan orang lain. Saat bahagia, tentu mudah bersikap tulus. Seakan tak ada beban dalam bekerja dan menolong orang lain.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline