Lihat ke Halaman Asli

YUSRIANA SIREGAR PAHU

TERVERIFIKASI

GURU BAHASA INDONESIA DI MTSN KOTA PADANG PANJANG

Mirisnya Penggunaan Huruf Kapital pada Karya Siswa dan Mahasiswa Akibat Learning Los

Diperbarui: 30 Agustus 2022   21:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kompas.com

"Uni mau ke rumah. Ada di rumah siap Jumat?" begitu isi pesan salah satu kakak kelas pas kuliah dulu. Beliau mengeluhkan putrinya yang mengalami kesulitan dalam pembuatan skripsi. Sudah berulang-ulang gonta-ganti judul. Sekarang entah apa lagi tuntan dosennya. Begitu urai kakak tingkat itu.

Lalu saya jawab, "Oke uni ditunggu." Tepat pukul 14.00 beliu datang diantar suaminya. Kamipun berbincang-bincang tentang masalah putrinya. 15 menit kemudian, putrinya pun sampai diantar suami beliau. Putrinya cantik, tinggi, dan putih. 

Saya cukup pangling karena sudah lama sekali tak bertemu. Ada 15 tahunan mungkin tak bertemu dengan putrinya. Ya waktu itu putrinya masih kecil. Jika saya berkunjung kebetulan putrinya di sekolah.

Kamipun mulai berdiskusi tentang skripsi itu setelah beramah tamah. Judulnya cukup familiar tentang  tinjauan antropologi sastra. Nama pengarang karya sastranya pun familiar Tere Liye.

Saya pun mulai membuka lembaran-lembaran skripsi penuh coretan itu. Wallahu Aklam Bissawaf. Pertama hal yang cukup mengganggu saya adalah semua nama tokoh cerita huruf kecil. " bang togar, borno, mei, pak tua, koh acong, jauhari, begitu juga dengan judul cerita.

Ditulis dalam 2 versi. Kau, Aku, Dan Sepucuk Angpau Merah versi 1. Di sini dan seharusnya huruf kecil karena dan kata hubung dan terdapat di tengah  judul. KAU, AKU, DAN SEPUCUK ANGPAU MERAH, versi 2. Semua huruf kapital dan berada dalam tubuh skripsi bukan di cover atau halaman depan.

Hal ini sudah baku diatur dalam EYD dan kini disebut PUEBI. Lihat kutipan berikut.

"Penulisan Judul Buku Yang Benar sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI)


1.Setiap kata pada judul diawali dengan huruf kapital atau huruf besar. ...
2. Gunakan huruf kecil semua pada kata yang sifatnya partikel, yaitu kata penghubung (konjungsi), kata depan (preposisi), dan kata seruan perasaan (interjeksi)." (https://penerbitdeepublish.com/cara-penulisan-judul-buku/)

Kemudian judul novel kutipan harus ditulis miring. Ini pun sudah baku dan sesuai standard. Namun, semua itu tak saya temukan dalam skripsi ini. Berarti cukup berat juga masalah di skripsi putri teman saya ini. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline