Lihat ke Halaman Asli

YUSRIANA SIREGAR PAHU

TERVERIFIKASI

GURU BAHASA INDONESIA DI MTSN KOTA PADANG PANJANG

Tips Kuliah Menuju Graduate Ber-IPK 3,75 plus Skill Networking

Diperbarui: 30 Juni 2022   05:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber foto: ilmupedia.co.id

Kuliah IPK 3,75 dan Networking

Ber-IPK 3,75 hingga 4 merupakan impian dan target calon graduate di Perguruan Tinggi (PT). IPK ini sudah boleh Anda rancang dari hari ini apalagi bagi Anda yang sudah dinyatakan lulus di PT baik melalui jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) maupun melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). 

Namun skill networking juga penting? Bagaimana menggapai keduanya, IPK 3,75 dan networking.

Pengalaman 3 tahun di SMA tentu turut berkontribusi bagi kita untuk meraih IPK tersebut. Sebab, dimana pun kita berada pendidikan tetap menuntut usaha dan pengorbanan. 

Apapun usaha dan pengorbanan yang sudah kita cobakan di SMA hingga menjelang diterima di PT hebat impian kita tetap bisa kita terapkan. Meskipun tak semua relevann lagi di kampus baru kita.

Ibarat buku teks pelajaran warisan kakak kita, tentu kita bisa memilih mana yang masih berguna dan mana pula yang tak terpakai lagi. yang masih berguna kita pakai dan yang tidak,  kita museumkan dulu. Mana tahu kelak berguna. Demikian juga usaha dan pengorbanan kita di SMA hingga menuju PT. 

UPaya dan pengorbanan yang relevan boleh kita pegang dan bawa dan yang tak relevan lagi bisa kita museumkan dulu di dasar hati paling dalam.

Banyak yang tidak tahu bahwa sebenarnya kuliah itu mudah. Juga dalam meraih IPK 3,75 ke atas plus skill networking. Logikanya, kita kuliah tidaklah seketat di SD,SMP, dan SMA. Kita duduk di kelas pun tak selama kelas di sana dari pukul 07.30 hingga 15.000. 

Tapi duduk di kelas kampus paling dua mata kuliah dalam sehari dengan durasi waktu 50 menit per 1 SKS jika dikoversi ke menit menurut Permendikbud pasal 19.

Satu mata kuliahnya ada yang 2 SKS, 3 SKS, dan seterusnya. Artinya waktu luang kita lebih lapang sedikit di fase kuliah ini daripada fase sekolah. Tantangan kita sekarang adalah bagaimana memanfaatkan waktu luang yang banyak itu menjadi bernilai dan bermanfaat untuk meraih IPK 3,75 ke atas dan bisa pula berskil networking sesuai tuntutan zaman serba aplikasi ini. 

Sebetulnya beberapa perusahaan saja yang masih menetapkan minimal IPK rata-rata standar minimal antara 3.00-3.30 dan dilihat pula asal kampusnya atau PT-nya. Syarat itu masih tetap standar  diterima bekerja. misalnya perusahaan-perusahaan besar bidang konsultan, perusahaan teknologi, Apple, Facebook, Microsof. dan lainnya. Perusahaan ini pun menagih skill networking. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline