Lihat ke Halaman Asli

Riana Dewie

TERVERIFIKASI

Content Creator

Inilah 5 Tips Mengisi Waktu Luang di Kantor

Diperbarui: 8 Juli 2015   15:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 [caption caption="Memanfaatkan Waktu Luang di Kantor (studiorm.ru)"][/caption]

Dari sekian pembaca, pasti ada yang bekerja sebagai karyawan kantoran. Saat bekerja di hari-hari biasa, ada kalanya kita merasa jenuh, bosan, pingin tidur, pingin rileks, pingin jalan-jalan dst. Apalagi yang kerjanya monoton di depan komputer dipastikan akan mudah capek mata dan punggung karena aktivitasnya hanya di satu tempat dan jarang mobile, kecuali ada keperluan ke kamar kecil, istirahat dll.

Nah, di Jogja (mungkin di kota-kota lain juga berlaku) sering terjadi pemadaman listrik secara bergilir untuk wilayah tertentu. Kebetulan hari ini di daerah kantor saya ada pemadaman listrik di mana pemberitahuan sudah kami terima sejak kemarin Selasa (untuk perusahaan dan individu). Hal ini kemungkinan tak jadi masalah jika kantor menyediakan genset atau bekerja menggunakan laptop untuk mengantisipasi kondisi darurat seperti ini. Tapi di kantor saya, kebetulan gensetnya bermasalah sehingga karyawan yang kerjanya membutuhkan komputer dipastikan akan menghentikan aktivitasnya alias 'nganggur sementara'. Hal ini kadang ditanggapi dengan "horeee....." oleh mereka karena mati listrik artinya ada waktu bebas untuk melakukan hal apa pun di kantor. Hehe... 

Rasa bahagia ini tentu harus dibatasi karena sebebas-bebasnya saat mati listrik di jam kantor, tetap saja kita tak bisa bebas ke mana pun karena kita dipastikan harus tetap berada di dalam kantor. 

Jadi, apa saja yang bisa kita lakukan saat mati listrik di jam kantor? Ini mungkin bisa jadi solusi: 

1. Briefing Ringan dan Bercanda

Petinggi kantor sebaiknya memiliki alternatif darurat untuk mengisi waktu sembari menunggu listrik hidup kembali dengan mengadakan review pekerjaan bersama para karyawan untuk mengetahui progres perkembangan kinerja bersama. Selain itu, bercanda juga bisa dijadikan alternatif untuk me-refresh pikiran para karyawan agar memiliki semangat baru untuk bekerja dengan lebih efektif di waktu yang akan datang. Anda bisa menyanyi, menari atau menceritakan berbagai pengalaman menarik didepan teman-teman Anda sehingga tercipta suasana yang santai dan rileks.

2. Membaca buku

[caption caption="Membaca Saat santai di Kantor (www.shutterstock.com)"]

[/caption]

Saat mati listrik apalagi tak ada laptop, membaca buku ada alternatif cerdas untuk mengisi waktu luang Anda. Dengan membaca buku, setidaknya Anda tetap produktif dengan kegiatan yang bisa menambah wawasan. Tidak harus membaca buku dengan materi yang berat, majalah atau buku resep masakan bisa dijadikan media untuk mengisi waktu luang Anda. Bayangkan saja di hari-hari kerja biasanya, mungkin Anda hampir tak ada waktu untuk membaca karena dikalahkan dengan pekerjaan kantor yang menggunung. 

3. Membuat Jadwal Aktivitas (maping)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline