Saat ini, pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menjadi prioritas dalam menjalani perkonomian nasional. Tak dapat dipungkiri, pandemi COVID-19 sempat melumpuhkan ekonomi dunia & nasional. Tentu saja, ini menjadi perhatian banyak pihak agar kondisi memulih.
Pendampingan UMKM agar tumbuh dan berkembang terus digalakkan dalam berbagai bentuk. UMKM bahkan ditempatkan sebagai partner oleh beberapa Lembaga agar lebih cepat naik kelas & efektif.
Transformasi BRIvolution 2.0
Sehubungan dengan hal ini, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI telah menetapkan langkah penguatan perekonomian masyarakat dalam Transformasi BRIvolution 2.0.
Isinya menyatakan bahwa BRI Group telah menetapkan visi The Most Valuable Banking Group in South East Asia & Champion of Financial Inclusion tahun 2025.
Ini merupakan komitmen BRI dalam menumbuhkembangkan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang bersinergi bersama anak usaha atau secara BRI Group.
Program BRI untuk Pengembangan UMKM di Indonesia
Bank dengan jaringan terluas di Indonesia ini memang berprogres cukup dahsyat. Perubahan di beberapa sektor makin terlihat dan ini membawa dampak positif bagi para pelaku usaha, lembaga pendamping, serta perekonomian nasional.
Beberapa program yang digalakkan BRI adalah:
1. Pendampingan dan Konsultasi Bisnis
Bagi para nasabah UMKM yang bisnisnya terdampak pandemi COVID-19 akan mendapat pendampingan dan konsultasi bisnis dari tenaga pemasar (Relationship Manager). Mereka akan sigap mendampingi nasabah hingga proses restrukturisas pinjaman berjalan dengan lancar.
2. Meningkatkan Penjualan Produk UMKM
Sejak pemerintah mencanangkan physical distancing di awal pandemi, penjualan produk UMKM tentu terhambat sehingga omset penjualan turun drastis.
Oleh karenanya, Bank BRI membantu pelaku UMKM binaannya untuk berjualan secara online, salah satunya melalui Indonesia Mall. Nah, Indonesia Mall adalah platform digital yang bertujuan untuk memfasilitasi UMKM binaan BRI dalam memperluas jangkauan penjualan produk mereka.