Lihat ke Halaman Asli

Riana Dewie

TERVERIFIKASI

Content Creator

Ayo Hidup Sehat, Cerdaslah Menggunakan Obat

Diperbarui: 27 November 2017   11:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ayo Dukung GERMAS, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Dokumentasi Pribadi)

Gaya hidup tak sehat di zaman ini tentu berpotensi mendatangkan penyakit. Merokok, menghindari konsumsi sayur atau pola makan tak sehat, hobi minum minuman beralkohol atau jarang berolahraga adalah contoh pola hidup yang harus Anda hindari. Mari introspeksi dalam hati masing-masing secara perlahan, sudahkah Anda menanamkan hidup sehat di lingkungan Anda saat ini--baik bagi diri sendiri maupun keluarga di rumah? Ataukah sudah ada orang yang mengingatkan Anda agar dapat mengubah pola hidup lebih sehat namun Anda berusaha cuek karena 'merasa' masih sehat hingga detik ini?

Ya, Anda saat ini mungkin masih merasa sehat dan hampir tak pernah menemukan gejala sakit. Jika kondisi ini terjadi karena Anda rajin berolahraga dan menanamkan pola hidup sehat, saya ucapkan selamat karena Anda sukses menjaga stamina tubuh. Namun jika kondisi ini terjadi dalam balutan aktivitas Anda yang sesungguhnya belum menanamkan hidup sehat, berhati-hatilah. Bahaya sakit bisa terjadi dadakan tanpa Anda ketahui sebelumnya. Jika sudah begini, Anda sendirilah yang akan merasakan 'derita'nya.

Senam ringan bersama Kemenkes RI (dokumentasi pribadi)

Yuk, Dukung GERMAS..!!!

Mengingat banyaknya masyarakat yang masih 'belum sadar' atas kondisi tubuhnya yang sesungguhnya semakin tidak sehat, pemerintah mencanangkan sebuah program bertajuk GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). Program yang berdiri kokoh berdasarkan Instruksi Presiden nomor 1 tahun 2017 ini diartikan sebagai sebuah tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Tujuan dari GERMAS ini sendiri adalah untuk menjaga kesehatan masyarakat. Selain itu, mewujudkan lingkungan bersih juga menjadi harapan pemerintah atas dikembangkannya program ini. Tubuh yang sehat juga berpotensi menghasilkan karya yang baik (produktif) tentunya. Nah, jika dapat menetapkan pola hidup sehat, tentu masyarakat dapat mengurangi biaya berobat. Masuk akal kan?

Di tahun 2017 ini, GERMAS memiliki fokus kegiatan yang disosialisaikan kepada masyarakat, yaitu:

1. Melakukan aktivitas fisik.

Anda sering beralasan tidak sempat berolahraga lantaran terlalu sibuk dengan rutinitas? Jangan khawatir, aktivitas fisik tak harus rutin pergi nge-gym dan kontak langsung dengan alat-alat olahraga berat. Dengan membiasakan berjalan kaki jika ingin ke warung sebelah, naik turun tangga (tanpa menggunakan lift), cuci piring, ngepel lantai rumah atau menyapu halaman adalah tindakan kecil yang menyehatkan karena dengan kegiatan tersebut, tubuh dapat menghasilkan keringat. 30 menit sehari adalah waktu yang optimal untuk membuat tubuh Anda lebih sehat dan bugar.    

Pola Hidup Sehat dalam Program GERMAS 2017 (screenshoot PDF Temu Bloger Kesehatan' #CermatMenggunakanObat)

2. Konsumsi sayur dan buah

Hayooo ngaku, siapa yang 'alergi' jika disuruh mengonsumsi sayur? Hihihi... Padahal jenis makanan ini sangat menyehatkan karena mengandung vitamin yang cukup banyak. Disarankan, Anda mengurangi konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat karena ini hanya menimbulkan efek kenyang, namun tubuh sendiri tak membutuhkannya setip saat. Yuk sehatkan tubuh mulai dini dengan konsumsi sayur dan buah yang kaya zat gizi.  

3. Memeriksa kesehatan secara berkala

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline