Lihat ke Halaman Asli

INDRIAN SAFKA FAUZI (Aa Rian)

Sang pemerhati abadi. Pemimpin bagi dirinya sendiri.

[Fiksi] Nomor Satu dan Nomor Dua: Duet Keseimbangan dan Harmoni Kepemimpinan

Diperbarui: 25 Agustus 2023   19:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Dua (Pixabay.com, kreasi: kirill_makes_pics)

Nomor 1 yakni Sang Presiden, seorang yang paling ahli dalam eksekusi pekerjaannya dan pengambilan keputusan tepat sasaran dan memuaskan semua pihak sesuai porsinya dengan rasional terukur. Objektivitas yang relevan. Sang Eksekutor yang paling efektif.

Sementara nomor 2 yakni Sang Wakil Presiden, seorang yang paling ahli dalam berkreasi dan menggagas ide-ide yang relevan dengan kebutuhan zaman, juga dengan intuisi tajam mampu menerawang tantangan masa depan. Subjektivitas yang tajam. Sang Mentor yang paling handal.

Sang Presiden berada di formasi terdepan mewakili semua harapan, Sang Wakil Presiden berada di formasi belakang mendukung terwujudnya harapan.

Keduanya bagaikan sepasang belahan otak, Sang Presiden dengan kecerdasan "Otak Kiri" dan Sang Wakil Presiden dengan kecerdasan "Otak Kanan". 

Duet pemimpin negara antara Nomor 1 dan Nomor 2 yang melambangkan keseimbangan, harmonisme dan keadilan yang melibatkan peran Tuhan Yang Maha Esa melalui penghambaan keduanya.

Cimahi, 25 Agustus 2023.

Aa Rian untuk Kompasiana dan Warganya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline