Lihat ke Halaman Asli

Strategi Mengatasi Problem Belajar (Problem Learning) Pada Siswa yang Berprestasi Rendah

Diperbarui: 9 Mei 2016   17:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Masalah kesulitan dalam belajar seringkali terjadi di kalangan siswa, yang mengakibatkan proses belajar menjadi terhambat. Kondisi seperti ini, berkaitan dengan dirinya yaitu berupa kelemahan-kelemahan atau bisa juga dengan lingkungan yang tidak menguntungkan bagi dirinya. Masalah kesulitan dalam belajar seperti ini tidak hanya di alami oleh siswa yang lambat dalam belajar, tetapi siswa yang pandai pun bisa mengalaminya.Secara umum kondisi belajar internal dan eksternal akan mempengaruhi proses belajar siswa, seperti lingkungan fisik, suasana emosional siswa, dan lingkungan sosial.

A. Masalah-masalah internal yang dialami siswa yang berpengaruh pada proses belajar sebagai berikut:

1. Motivasi belajar

Motivasi belajar sangat berpengaruh dalam aktifitas belajar, ketika motivasi belajar melemah, maka hasil belahar menjadi rendah. Untuk meningkatkan motivasi belajar, perlu juga di dukung dengan suasana belajar yang menyenangkan

2. Sikap tehadap belajar

Sikap yang dimaksud disini yaitu kemampuan untuk menilai sesuatu. Dengan adanya penilaian terhadap sesuatu mengaibatkan terjadinya sikap menerima, menolak, atau mengabaikan yang berpengaruh terhadap kepribadian

3. Konsentrasi belajar

Konsentrasi belajar yaitu kemampuan memfokuskan perhatian pada pelajaran.  Peran guru sangat penting dalam menciptakan strategi-strategi  belajar mengajar serta menghitung waktu belajar dengan selingan waktu istirahat.

4. Mengelola bahan belajar

Mengelola bahan belajar yaitu kemampuan siswa untuk memahami isi dari pelajaran yang didapatkannya. Siswa yang aktif dalam belajar akan mampu mengelolanya dengan baik.

5. Menyimpan perolehan belajar

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline