Lihat ke Halaman Asli

PTK

Diperbarui: 7 Maret 2024   22:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

ABSTRAK

 

Riama. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VA Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Melalui Media LKPD Pada Pembelajaran Tematik Tema 8 di SD Negeri 1 Pangkalpinang Tahun Pelajaran 2021 / 2022.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa kelas VA SD Negeri 1 Pangkalpinang yang rendah. Berdasarkan hasil pengamatan awal sebanyak  20 siswa mendapat nilai di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VA menggunakan model pembelajaran Discovery Learning melalui media LKPD pada pembelajaran Tematik Tema 8 di SD Negeri 1 Pangkalpinang. 

Jenis penelitian  ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas VA yang berjumlah 31 orang dengan rincian 16 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan empat tahapan kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang terdiri dari 2 siklus dimana masing-masing siklus sebanyak 2 kali pertemuan. 

Teknik  pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan perbandingan persentase. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data hasil belajar siswa tiap -- tiap siklusnya. Dari hasil penelitian, terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 84%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning melalui media LKPD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA di SD Negeri 1 Pangkalpinang. Disarankan kepada pihak sekolah, guru, siswa, dan orang tua untuk mendukung dalam kegiatan proses pembelajaran.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Discovery Learning, Media LKPD




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline